Rabu, 02 Januari 2019

Pengertian Norma Sosial Serta Hal Lainnya Terkait

Pengertian Norma Sosial Serta Hal Lainnya Terkait - Pengertian norma sosial adalah sekumpulan ukuran yang digunakan sebagai patokan dan keyakinan atau anggapan yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat tertentu. 


Sekumpulan keyakinan yang ada adalah dianut oleh banyak orang di dalam sebuah komunitas yang di dalamnya berisikan apa – apa yang dianggap benar atau salah dan apa – apa saja yang bagus / pantas untuk dilakukan serta yang kurang pantas untuk dilakukan dalam menjalani kehidupan sehari – hari. 

Bentuk – Bentuk Norma Sosial 

Terdapat beberapa bentuk nilai / norma sosial yang dijelaskan oleh ahli masing – masing antara lain : 

1. Menurut Prof. DR. Notonegoro yang menjelaskan dan membagi bentuk – bentuk dari nilai / norma sosial ada 3 macam yaitu sebagai berikut : 

Nilai – nilai material adalah sebuah keyakinan atau pendapat dan anggapan yang bermanfaat untuk pemenuhan unsur – unsur fisik serta jasmani terhadap masyarakat di dalamnya. 

Nilai – nilai vital adalah semua keyakinan yang mampu berkembang dan bermanfaat untuk menjalankan segala macam kegiatan sehari – hari. 

Nilai kerohanian adalah sekumpulan keyakinan yang berkembang di dalam masyarakat tertentu tentang apa – apa saja yang bermanfaat bagi kepuasan bathin manusia. Nilai – nilai kerohanian dibagi – bagi lagi menjadi 4 macam yaitu nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius. 

2. Menurut C. Kluckhon menambahkan tentang bentuk dari nilai – nilai / norma sosial yang lain adalah berupa : 

Nilai – nilai kebudayaan adalah mencakup nilai tentang hakikat kehidupan manusia, karya manusia, kedudukan manusia di dalam ruang dan waktu, hakikat sebuah hubungan antara manusia dengan manusia, dan hakikat tentang hubungan antara manusia dengan alam. 

3. Menurut Walter G. Evereet, membagi nilai – nilai / norma sosial menjadi 5 bagian yaitu : 

Nilai – nilai ekonomi adalah sebuah nilai sosial yang erat hubungannya dengan harga pasar yang dijadikan sebagai landasan ekonomi terhadap sebuah masyarakat sebagai tolak ukurnya. 

Nilai – nilai rekreasi adalah nilai – nilai tentang kesejahteraan hidup dan bermasyarakat serta memberikan kesegaran terhadap kondisi jasmani dan rohani. 

Nilai – nilai perserikatan adalah nilai – nilai sosial tentang segala bentuk kelompok yang ada di dalam masyarakat dimulai dari tingkat keluarga, hingga tingkatan yang lebih luas. 

Nilai – nilai jasmani adalah nilai – nilai sosial yang erat hubungannya dengan sebuah kondisi jasmani terhadap kondisi dari warga masyarakat tertentu. 

Nilai – nilai watak adalah nilai – nilai yang menyangkut tentang keadilan, kesediaan untuk menolong, menyukai kebenaran dan lain sebagainya. 

Ciri – Ciri Norma Sosial 
  • Merupakan hasil dari kesepakatan masyarakat. 
  • Bersifat tak tertulis. 
  • Adanya sekelompok warga masyarakat sebagai pendukung dan pelaksana guna melakukan dan sebagai pelaksana yang taat. 
  • Akan dikenakan sanksi – sanksi tegas yang wajib diterima apabila melanggar norma yang berlaku. 
  • Adanya norma – norma sosial yang mengalami perubahan sesuai dengan perubahan – perubahan di dalam kehidupan para penganutnya. 
Macam – Macam Norma Sosial 
  • Mmenurut resmi atau tidak, norma – norma sosial dibedakan menjadi dua yaitu norma resmi / formal dan norma tak resmi / non formal. 
  • Menurut kekuatan sanksinya maka norma sosial dibedakan menjadi enam bagian yaitu : norma hukum, norma agama, norma kesopanan, norma kelaziman, norma kesusilaan dan norma mode.
Fungsi – Fungsi Norma Sosial 
  • Sebagai media untuk mengatur segala macam tindakan dan perbuatan di dalam bermasyarakat. 
  • Sebagai alat guna menertibkan kehidupan sosial. 
  • Sebagai alat untuk mengontrol tentang perilaku sosial di dalam masyarakat. 
  • Sebagai media dalam mencari pembenaran untuk bertindak dan berperilaku. 
Demikian kami menjelaskan tentang pengertian norma sosial serta hal lainnya terkait, semoga bermanfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon