Minggu, 28 Oktober 2018

Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Cara Membuat Sinopsis

Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Cara Membuat Sinopsis - Ketika memilih sebuah buku bacaan, seseorang terlebih dahulu akan melihat atau membaca secara singkat isi dari buku tersebut. Biasanya ringkasan cerita isi buku dapat membuat seseorang menilai buku tersebut baik atau tidak. Ringkasan singkat isi buku inilah yang disebut dengan sinopsis



Pengertian Sinopsis memberikan gambaran secara ringkas isi buku secara keseluruhan. Sinopsis ini merupakan bagian penting dari buku baik fiksi maupun nonfiksi. Penulisannya biasanya dibuat tidak terlalu panjang. 

Sinopsis berasal dari kata synopical yang memiliki makna ringkas. Sinopsis biasanya lebih diartikan sebagai ringkasan cerita yang merupakan bentuk pendek dari karangan. Namun sinopsis tetap berkutat pada unsur-unsur karangan dan tidak menghilangkan keruntutan dari sebuah cerita. 

Dalam sinopsis, uraian panjang pada karangan biasanya dihilangkan. Sehingga tidak bisa dilihat gaya penulisan, keindahan gaya bahasa dan juga deskripsi mendetail suatu kejadian atau peristiwa.

Tujuan dari pembuatan sinopsis sejatinya adalah untuk memberi informasi awal atau gambaran dengan singkat dan ringkas tentang materi yang ada dalam buku. 

Selain itu, sinopsis juga difungsikan untuk membuat pembaca menangkap konsep dan gagasan yang akan dibahas di dalam buku. Sinopsis juga bisa digunakan sebagai prolog atau epilog dalam suatu karangan. Melalui sinopsis, penulis dapat menyampaikan suatu konsep yang akan diulas lebih mendetail dalam buku.

Seperti selayaknya teks, sinopsis pun memiliki ciri-ciri khusus sebagai suatu ulasan atau ringkasan. Ciri-ciri sinopsis adalah memiliki alur atau rangkaian peristiwa yang disusun dengan runtut dan sistematis. Meski hanya sebagai ringkasan, namun sinopsis tetap menampilkan cerita yang urut sesuai dengan periodisasi yang dibuat. 

Selain itu, sinopsis juga memiliki bahasa yang persuasif atau memuat ajakan. Ciri lainnya adalah pada sinopsis menampilkan konflik secara ringkas dan mampu membuat penasaran bagi calon pembaca.

Prosedur untuk menyusun sinopsis ini sebenarnya tidak sulit. Pertama yang perlu dilakukan adalah membaca naskah asli secara keseluruhan terlebih dahulu. Setelah itu, perlu mencatat hal-hal penting termasuk ide pokok atau gagasan yang penting. 

Baca Juga :
Kemudian, menulis ringkasan berdasarkan gagasan pokok atau informasi penting yang telah dicatat tersebut. Tak boleh ketinggalan langkah yang harus dilakukan setelah ringkasan selesai adalah membaca kembali. Hal ini penting untuk memastikan sinopsisi tidak menyimpang atau keluar dari konteks pembahasan dalam buku.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon