Senin, 04 Februari 2019

Pengertian Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping - Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah suatu cara untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1974 oleh Tony Buzan yaitu seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris. 



Mind Mapping memiliki arti sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu dari cabang sel saraf membentuk kolerasi konsep menuju suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang digemari dan mudah dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga, tulisan yang dihasilkan adalah gambaran langsung cara kerja koneksi di dalam otak. 

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli 

Tony Buzan (2008:4) 

Menurut Tony Buzan, Mind Mapping merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping mengembangkan cara berpikir divergen maupun kreatif . Mind Mapping juga disebut juga dengan peta konsep merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat, ini juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi dalam otak dan mengambil informasi itu saat dibutuh. Mind Mapping dapat membantu dalam bermacam-macam hal seperti merencanakan, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan. 

Caroline Edward (2009:64) 

Menurut Caroline Edward, Mind Mapping merupakan cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia. 

Melvin L. Silberman(2005:177) 

Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping merupakan cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian baru. 

Bobby De Porter 

Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikir) adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnyauntuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak. 

Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2003:153) 

Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, Mind Mapping merupakan suatu teknik mencatat yang dapat memetakan pikiran yang kreatif dan efektif serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terdapat didalam diri seseorang .

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon