Selasa, 19 Februari 2019

Cara Budidaya Jahe Secara Organik

Cara Budidaya Jahe - Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat populer digunakan dalam masakan dan sebagai bahan obat. Jahe merupakan bagian dari suku Zingiberaceae dan memiliki rasa pedas akibat senyawa zingeron. 


Tanaman jahe sendiri memiliki batang semu yang dapat bertumbuh mencapai 30 sampai 100 cm. Akar dari tanaman jahe berbentuk rimpang dan berwarna kuning kemerahan serta memiliki bau menyengat. Daun tanaman jahe berbentuk menyirip dengan panjang 15 sampai 23 mm dan lebar 8 sampai 15 mm. Tanaman jahe juga dapat berbunga dengan bentuk bulat telur sebesar 3,5 sampai 5 cm dan lebar 1,5 sampai 1,75 cm. Bunga dari tanaman jahe berwarna hijau kekuningan. 

Untuk melakukan budidaya jahe, hal-hal yang perlu disiapkan adalah tempat penanaman, pupuk, bibit jahe, dan media tanam yang subur. Langkah pertama untuk budidaya jahe adalah dengan membasahi bibit dengan larutan pupuk organik. Hal ini bertujuan untuk membantu bibit agar cepat tumbuh dan lebih tahan dari serangan penyakit. 

Selanjutnya, semai bibit tersebut di tempat yang lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Selama proses penyemaian ini, kelembaban bibit jahe perlu dijaga agar tidak terlalu lembab maupun terlalu kering. Tunas akan tumbuh sekitar 2 minggu setelah penyemaian. 

Bibit jahe yang sudah bertunas kemudian dapat dipindahkan ke polybag ukuran 60x40 cm yang sudah diisi dengan media tanam. Media tanam yang digunakan adalah tanah yang dicampur dengan pupuk. Salah satu pupuk yang baik digunakan contohnya adalah pupuk trichokompos. 

Tancapkan jahe ke dalam tanah sedalam 5-7 cm dan pastikan posisi tunasnya berdiri. Setelah itu, lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore. Berikan juga pupuk pada tanaman untuk mendukung pertumbuhan jahe. Selain itu, pastikan juga di dalam polybag tidak ada gulma yang merugikan tanaman. Pembersihan gulma seaiknya dilakukan mulai bulan ke-4 agar tidak merusak tanaman. 

Baca Juga :
Tanaman jahe dapat dipanen setelah mencapai usia 10-12 bulan, namun untuk hasil optimal, sebaiknya tanaman jahe dipanen saat usia 12 bulan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon