Minggu, 07 Oktober 2018

Daftar Nama Pahlawan Nasional Indonesia

Daftar Nama Pahlawan Nasional Indonesia - Indonesia sebagai sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik telah mengalami masa-masa baik dalam proses perjuangannya hingga saat ini. Perjuangan-perjuangan yang dilakukan hingga merdeka seperti sekarang ini tak lepas dari andil banyaknya pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan kedaulatan negara. 

Daftar Nama Pahlawan Nasional Indonesia
Daftar Nama Pahlawan Nasional Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan yang namanya tercatat bahkan yang tidak tercatat. Setidaknya sampai saat ini terdapat 174 warga negara yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia. 

Perjuangan yang dilakukan oleh banyak pahlawan pun beraneka ragam, mulai seperti melawan penjajah pada masa pendudukan kolonialisme Portugis, Spanyol, Belanda hingga masa pendudukan Jepang. 

Selain itu, ada juga pahlawan yang gugur dalam membela keutuhan NKRI dari pemberontakan yang terjadi oleh gerakan separatis seperti PRRI Permesta, Ratu Adil, Sarekat Islam, DI/TII hingga yang paling banyak terjadi adalah pemberontakan G30S/PKI. Berikut beberapa daftar nama-nama pahlawan nasional Indonesia jika dilihat dari masa perjuangan yang dilakukannya. 

Perjuangan dimulai ketika bangsa Indonesia secara jelas berusaha memberontak dari kolonialisme dan penjajahan Belanda. Pemerintah kolonial Belanda yang semakin semena-mena pada rakyat memunculkan perlawanan yang bersifat kedaerahan. 

Banyak tokoh yang memiliki banyak masa memberontak ketika hukum adatnya berusaha dicampuri pemerintah Belanda, seperti Pageran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, dan Sultan Agung, Pangeran Antasari, Sultan Hasanuddin, Kapitan Pattimura, Cut Nyak Dien dan Teuku Umar. 

Sementara di awal abad 19, para pemuda Indonesia mulai menyadari bahwa perjuangan harus dilakukan dengan mengutamakan kesatuan.

Maka ketika masa pergerakan nasional muncul, banyak organisasi yang berdiri untuk melawan sistem pemerintahan Belanda. Banyak tokoh pahlawan yang memberontak pada pemerintah kolonial dengan cara lain seperti Dr. Soetomo, Dr. Wahidin Sudiro Husono, R.A Kartini, Ki Hajar Dewantara, Douwwes Dekker, HOS Cokroaminoto, K.H Ahmad Dahlan dan lain sebagainya.

Baca Juga :
Selanjutnya pada masa kemerdekaan, ketika terjadi peristiwa proklamasi kemerdekaan banyak yang mengambil bagian menjadi tokoh yang berperan penting dalam hal ini. 

Seperti Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, dan Sutan Syahrir tak ketinggalan pula Sayuti Melik dan juga W.R Soepratman. Kemudian pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ketika bangsa Belanda yang membonceng NICA tiba di Indonesia, perlawanan pun dilakukan. 

Beberapa daerah melakukan perlawanan dengan semangat nasionalisme seperti Bung Tomo, Slamet Riyadi, Jenderal Sudirman, Yos Sudarso, dan Halim Perdanakusuma. 

Sementara ketika terjadi pemberontakan oleh Gerakan 30 September atau PKI pada tahun 1965, ada beberapa pahlawan revolusi yang gugur karena pembunuhan dan penculikan yang dilakukan. Pahlawan seperti Ahmad Yani, S.Parman, Suprapto, D.I Panjaitan, Pierre Tendean, MT Haryono, Sutoyo Siswomiharjo, Katamso Darmokusumo, Kolonel Sugiono dan yang terakhir AIP Karel Satsuit Tubun.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon