Sabtu, 29 Desember 2018

Pengertian dan Manfaat Kultur Jaringan

Pengertian dan Manfaat Kultur Jaringan - Pengertian kultur jaringan adalah sebuah cara yang dilakukan guna memperbanyak tanaman dengan hanya membutuhkan jangka waktu yang relatif singkat. 


Kultur jaringan kadang – kadang dapat dilakukan melalui bagian – bagian terkecil di dalam tubuh tanaman yang dimaksud namun akan mendapatkan hasil yang bertolak belakang alias mendekati sempurna yaitu menyerupai indukan tetapi jangka waktu hidup mereka rata – rata jauh lebih pendek dari tanaman induk. 

Adapun manfaat dari pengaplikasian kultur jaringan adalah sebagai berikut : 
  1. Guna memperoleh tanaman baru yang memiliki sifat mirip sekali dengan indukan, tetapi dengan jangka waktu yang lebih cepat, dimana beberapa jenis tanaman yang bagus dimanfaatkan dengan tehnik ini adalah kelompok tanaman obat yang keberadaannya saat ini semakin langka atau cukup sulit untuk diperoleh, namun melalui tehnik kultur jaringan kemungkinan besar anda dapat memperolehnya dengan mudah bagi yang sudah ahli dalam hal ini. 
  2. Beberapa jenis tanaman yang bermanfaat namun saat ini keberadaannya hampir terancam punah dapat dibudidayakan kembali melalui pengaplikasian tehnik ini. 
  3. Tehnik yang pengaplikasiannya tergolong sangat cepat ini akan menyebabkan beberapa jenis tanaman mampu melakukan produksi berulang – ulang dalam jangka waktu yang cukup singkat, apabila dulu anda bisa memanen setelah genap berusia 9 bulan dalam masa tanam contohnya adalah tanaman padi maka sekarang jauh lebih cepat dan singkat yaitu hanya kurun waktu 3 bulan saja. 
  4. Keragaman tanaman menjadi lebih banyak variasi dimana beberapa jenis tanaman buah – buahan dapat dengan mudah dikembangkan menjadi lebih bervariasi dari sisi rasa maupun ukuran. 
Nah itulah empat manfaat yang bisa anda rasakan dengan mengenal dan mengaplikasikan kultur jaringan dimana dalam pelaksanaannya sudah banyak memberikan manfaat untuk dirasakan dengan menerapkan paket tersebut di atas dan sudah dirasakan oleh petani pembudidaya meskipun bagi pemula agak sulit untuk melakukannya. 

Pada umumnya dengan membiasakan diri untuk memanfaatkan hal – hal baru, maka dengan mudah mengaplikasikan salah satu metoda terbaru yang saat ini jumlahnya semakin bervariasi, diantaranya adalah stek, cangkok atau pemanfaatan biji, dengan media yang mampu memanfaatkan lahan seadanya saja sudah tetap dapat melakukan bercocok tanam meskipun hanya memakai botol – botol bekas, tabung atau yang lainnya sehubungan dengan kultur jaringan yang kami bicarakan tersebut di atas. 

Demikianlah kami membahas postingan kali ini dengan tema dan judul yaitu mari belajar mengenai kultur jaringan, sebagai bahan bacaan para siswa / wi dan pemula yang ingin mencoba budidaya tanaman buah atau sayuran dengan mengaplikasikan tehnik ini. Semoga bermanfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon