Rabu, 26 Desember 2018

Pengertian Teori dan Proses Globalisasi

Pengertian Teori dan Proses Globalisasi - Pengertian globalisasi adalah kondisi dimana terdapat sebuah kecendrungan dari sisi historis yang ditonjolkan sehingga diharapkan akan menghasilkan sebuah satu kesatuan yang diberi istilah yaitu dunia tunggal. 


Pengaruh globalisasi terhadap masyarakat di seluruh dunia sangat tergantung dari segala aspek seperti politik, ekonomi, dan budaya dimana tak ada satu pun negara di dunia ini yang memiliki kemampuan super untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. 


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli 

Di bawah ini akan kami berikan beberapa pengertian tentang globalisasi menurut sudut pandang dari banyak para ahli, antara lain : 
  1. Menurut pendapat Emanuel Ritcher menjelaskan bahwa globalisasi adalah sebuah jaringan kerja yang bersifat global memiliki tujuan / cara dengan menyatukan masyarakat pada suatu tempat yang sebelumnya mengalami kondisi berpencar dan terisolasi ke dalam suasana baru dimana mereka bisa saling ketergantungan sehingga diharapkan akan tercipta persatuan dunia. 
  2. Menurut John Huckle berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah jalan yang erat hubungannya dengan pengambilan keputusan dimana di dalamnya terdapat kejadian – kejadian dan juga kegiatan yang sudah melekat dan menjadi kebiasaan dalam perkembangan dunia sehingga memicu munculnya konsekuensi yang signifikan terhadap manusia sebagai mahluk hidup. 
  3. Menurut Malcom Waters menjelaskan bahwa globalisasi adalah sebuah proses yang memiliki dampak atau akibat kurang adanya batasan – batasan jelas secara geografis antara suatu masyarakat dengan masyarakat lainnya di dunia ini. 
  4. Thomas L. Friedman berpendapat bahwa globalisasi dari sudut pandang beliau menjelaskan bahwa globalisasi adalah sebuah dimensi tentang ideologi dan teknologi yang tumbuh karena adanya globalisasi yaitu kapitalisme disertai pasar bebas dimana dimensi teknologi yang menyertai seperti teknologi informasi diharapkan mampu menyatukan dunia. 
  5. Menurut pandangan Princenton N. Lyman menyumbangkan definisi tentang globalisasi adalah sebagai sebuah masa / kondisi terjadinya pertumbuhan yang sangat cepat terjadinya berdasarkan atas adanya hubungan – hubungan yang saling ketergantungan antara negara – negara di dunia ini terkait dengan dunia perdagangan dan keuangan. 
Teori Globalisasi 

Menurut pendapat Douglas M. Kellner, kunci utama untuk mampu memahami globalisasi adalah memandang globalisasi sebagai sebuah produk disertai revolusi teknologi dan ‘restrukturisasi’ global yang bersifat kapitalisme melibatkan pangsa pasar kapitalis serta relasi sosial dengan aliran komoditas, teknologi, kapital, ide – ide, kebudayaan dan penduduk sudah melewati batas – batas nasional melalui sebuah jaringan masyarakat global. 

Lebih lanjut Douglas M. Keliner berpendapat bahwa keberadaan dunia internet dewasa ini merupakan kondisi pendorong dimana teknologi baru ini dimanfaatkan guna mempromosikan era globalisasi kapitalis yang sangat membantu namun akan lebih mencapai titik sasaran jika internet juga diaplikasikan untuk memobilisasi sekumpulan orang – orang yang kurang sependapat atau menentang globalisasi. 

Proses Globalisasi 

Globalisasi adalah sebuah proses panjang namun bukan bersifat fenomena terhadap hal – hal yang baru muncul di dunia ini, maka dari itu globalisasi sebenarnya telah terbentuk atau berada pada abad – abad dahulu dengan ditandai adanya perkembangan yang cukup pesat dibidang perkembangan teknologi dan komunikasi yang jumlahnya beranekaragam, disertai dengan informasi terhadap perkembangan yang berhubungan dengan masalah – masalah tarnsportasi. 

Sedangkan proses globalisasi bagi Indonesia sudah dimulai sejak awal pembangunan yang fokusnya lebih banyak dilakukan oleh pemerintah. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh yang cukup besar terhadap tenaga – tenaga ahli Indonesia yang sukses menyelesaikan pendidikan mereka di luar negeri juga mendapatkan kunjungan tenaga – tenaga ahli / konsultan dari negara asing maka proses globalisasi semakin ditonjolkan meskipun baru berupa tahap pemikiran atau menciptakan sistem terhadap nilai kehidupan dimulai dari adopsi lalu pelaksanaan sesuai dengan kondisi Indonesia. 

Demikian kami menjelaskan tentang Pengertian Teori dan Proses Globalisasi serta hal terkait lainnya, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon