Kamis, 07 Februari 2019

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Fantasi

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Fantasi - Teks cerita fantasi adalah tulisan dari genre cerita yang berupa khayalan, angan-angan, dan imajinasi pengarang. Cerita fantasi dibuat berdasarkan imajinasi pengarang dan biasanya tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. 


Cerita fantasi ada yang berupa cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan. Pada cerita fantasi total, semua yang terdapat dalam certia tidak akan pernah ditemui dalam dunia nyata, sementara pada fantasi irisan, cerita dibuat dengan tema fantasi namun merujuk pada nama dan tempat yang ada dalam dunia nyata. 

Cerita fantasi juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari cerita lain seperti, adanya kejadian yang tidak mungkin terjadi di dalam dunia nyata. Kedua, menggunakan latar yang bervariasi bahkan sampai melintasi ruang dan waktu. Ketigas, tokoh dalam dunia fantasi juga umumnya memiliki kemampuan yang tidak ada di kehidupan nyata. 

Berikut adalah contoh teks cerita fantasi

Anita tidak pernah menyangka kalau rutinitasnya bercermin setiap pagi akan membawanya ke dalam dunia aneh dimana semua cerita-cerita dongeng anak yang pernah didengarnya menjadi kenyataan. Anita sedang bercermin dan bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah ketika tiba-tiba saja asap berwarna ungu keluar dari cermin yang tergantung di kamarnya itu. 

Sudah dua hari Anita terjebak di dunia aneh ini dan rasanya Anita sudah tidak sabar untuk bisa kembali ke dunianya lagi. Dalam dua hari terakhir, Anita sudah hampir memakan apel beracunnya putri salju, bertemu dengan kelinci putih dari cerita Alice in Wonderland yang pernah dia baca, dan bahkan menginap di rumah kue yang sekarang menjadi milik Hasel dan Gretel. 

Dari Hansel, Anita tahu kalau dia perlu bertemu dengan Oz si penyihir agar dia bisa kembali pulang. Hanya saja, tersesat ke halaman menara putri tidur dan berhadapan dengan naga yang menjaganya membuat Anita benar-benar berharap kalau ini semua hanya mimpi dan dia tidak perlu benar-benar mencari Oz. Untung saja, Anita memiliki tongkat sihirnya ibu peri Cinderella. 

Contoh lain dari cerita-cerita fantasi yang sudah dikenal seluruh dunia adalah Harry Potter karya J.K. Rowling, Chronicles of Naria karya C.S. Lewis, Twilight karya Stephenie Meyer, dan banyak lagi.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 comments

Apakah Harry Potter termasuk cerita fantasi total atau tidak?


EmoticonEmoticon