Sabtu, 09 Februari 2019

Pengertian Siklus Karbon

Pengertian Siklus Karbon - Sebelum kita membahas tentang siklus karbon, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai karbon. Karbon merupakan unsur atau bagian yang sering ditemukan pada organisme atau bagian dari makhluk hidup. Rantai molekul pada karbon membentuk jaringan yang terdiri dari banyak molekul organik seperti lipid. karbohidrat, dan protein. Karbon terus berputar diantara organisme dan makhluk hidup serta atmosfer yang ada. Perputaran tersebut yang membentuk siklus karbon. 



Organisme dan makhluk hidup tidak dapat membuat karbon mereka dengan sendiri, mereka membutuhkan organisme lain seperti tumbuhan yang menghasilkan oksigen dan membutuhkan karbon dioksida. Organisme tersebut juga memerlukan organisme lainnya untuk membuat karbon serta memerlukan atmosfer. 

Pengertian Siklus karbon merupakan sirkulasi serta transformasi bolak-balik suatu karbon anatar makhluk hidup, organisme dan lingkungan sekitar makhluk tersebut hidup. Selama siklus karbon berlangsung, tanaman menghilangkan karbon dioksida melalui fotosintesis sedangkan hewan menambahkan karbon dioksida ke atmosfer melalui respirasi sel yang akan menjadi udara. Mengapa suhu Bumi menjadi lebih lebih panas? Apa yang terjadi jika karbon yang dihasilkan oleh hewan dan tumbuhan tersebut tidak dikeluarkan dari atmosfer? 

Karbon dioksida yang berlebih pada atmosfer yang melapisi bumi memberikan kontribusi yang cukup besar untuk kenaikan global suhu bumi, yang dikenal sebagai pemanasan global. Darimana karbon dioksida itu berasal? Karbon dioksida tersebut berasal dari pembakaran gas untuk menggerakan kendaraan bermotor kita dan mesin-mesin pabrik serta pembakaran batu bara yang digunakan untuk menghasilkan listrik adalah dua sumber terbesar dari terbentuknya karbon dioksida yang berlebih. 

Bagaimana karbon dioksida pada makhluk hidup akhirnya kembali ke atmosfer? Ingat manusia dan hewan bernafas membutuhkan udara yang terdiri dari oksigen dan karbon dioksida. Kita mengeluarkan karbon dioksida. 

Baca Juga :
Karbon dioksida ini dihasilkan melalui suatu proses, dan memiliki reaksi kimia seperti fotosintesis. Itu berarti ketika kita membakar makanan untuk energi, karbon dioksida dikeluarkan. Manusia dan binatang, menghembuskan karbon dioksida dan mengembalikannya kembali ke atmosfer dan ketika organisme mati dan terurai. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon