Jumat, 02 Agustus 2019

Pengertian dan Sistem Tata Surya

Pengertian dan Sistem Tata Surya - Kita pasti sering memandangi langit di malam hari, karena memang begitu indahnya dan luasnya tata surya kita, namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tata surya? Dalam tata surya sendiri ada yang dinamakan juga dengan sistem tata surya, langsung saja mari simak penjelasan berikut ini. 



tata surya sendiri adalah susunan benda-benda langit yang berputar mengelilingi matahari sebagai pusatnya.benda-benda langit tersebut terdiri dari 8 planet dengan orbit berbentuk menyerupai elips, ada juga komet, asteroid, meteroid, serta satelit alami. Planet-planet tersebut senantiasa akan terus mengelilingi matahari itu dikarenakan karena adanya pengaruh dari gaya gravitasi matahari. Di tata surya sendiri juga terdapat bintang yang biasa kita sebut matahari. 

Tata surya sendiri termasuk kedalam bagian alam semesta yang sangat luas, letak dari tata surya yaitu di dalam salah satu galaksi Dari sekian banyaknya galaxy yang ada di ruang angkasa, itu galaksi bima sakti atau milky way. Lalu bagaimana tata surya lahir? Banyak teori yang telah menjelaskan tentang asal muasal dari tata surya, seperti teori awan debu oleh von weizsaecker, atau ada juga teori nebula atau teori kabut oleh Immanuel kant. 

Berbicara mengenai sistem tata surya sendiri, sistem tata surya itu tersusun menjadi beberapa bagian yaitu matahari, 4 planet dalam, 4 planet luar, sabuk asteroid, serta di bagian paling luar terdapat sabuk kuiper. Dan dari 8 planet tersebut hanya 6 planet saja yang memiliki satelit alami dan 2 sisanya tidak mempunyai yaitu Venus dan Merkurius. 

Susunan dan Anggota Tata Surya 

· Bintang di Tata Surya 

Jadi bintang merupakan salah satu anggota dari tata surya yang cukup memiliki sifat istimewa karena bisa memancarkan cahayanya sendiri di dalam sistem tata surya, bintang sendiri di tata surya jumlahnya sangat lah banyak saking banyaknya kita tidak dapat bisa menghitung jumlah nya, dan salah satu bintang yang paling bermanfaat bagi manusia hingga saat ini adalah matahari. 

· Planet-Planet 

Berbeda dengan bintang sifat dari planet tidak bisa memancarkan cahaya sendiri, tetapi hanya merefleksikannya dari sinar matahari, jadi planet itu merupakan sebuah benda objek langit yang mempunyai orbit mengelilingi matahari. 

· Satelit di Tata Surya 

Jadi satelit merupakan anggota dari tata surya yang selalu mengitari planet, jadi semua asteroid akan mengelilingi matahari bersama dengan planet yang diputarinya, seperti halnya bumi dengan bulan keduanya bersamaan mengelilingi matahari. Satelit sendiri dibedakan menjadi dua bagian, yaitu satelit alami dan satelit buatan. 

· Asteroid di Tata Surya 

Asteroid yaitu sebuah benda astronomi yang berbentuk pecahan kecil dan beredar pada lintasan yang terletak diantara orbit planet mars dan Yupiter. 

· Komet 

Adapun komet, yaitu benda langit yang berukuran kecil, material penyusun komet terdiri dari sejumlah partikel-partikel bebatuan, kristal, es, dan gas. Tubuh komet sendiri terbagi kedalam tiga bagian yaitu bagian inti, koma, dan bagian paling belakang yaitu ekor. 

· Meteor/Meteroid 

Meteor adalah benda langit yang bergerak sangat cepat dan memiliki lintasan yang tidak teratur, kita mungkin sering mendengar dengan istilah bintang jatuh, sebenarnya itu adalah sebuah meteor yang bisa dilihat oleh manusia, itu saat di mana meteor bergerak bebas di tata surya dan tertarik oleh gaya gravitasi bumi. 

Nah itu saja untuk artikel kita kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa share, terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

2 comments

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup


EmoticonEmoticon