Jumat, 14 Desember 2018

Budaya Politik : Pengertian, Ciri Dan Contoh Budaya Politik

Budaya Politik : Pengertian, Ciri Dan Contoh Budaya Politik - Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik adalah sebuah pola dan perilaku tentang sekelompok masyarakat yang memiliki orientasi terhadap objek berupa kehidupan berpolitik baik itu terhadap penyelenggaraan dari administrasi negara, politik pemerintah, hukum dan adat istiadat serta norma – norma kebiasaan yang wajib dihayati oleh masing – masing individu di dalam kehidupan bermasyarakat sehari – hari. 

Ciri – Ciri Budaya Politik 

Budaya Politik dalam sebuah negara bisa dikenali dengan cara memperhatikan kondisi karakteristiknya. Secara umum, Budaya Politik memiliki ciri – ciri sebagai berikut : 
  1. Memiliki masing – masing unsur tentang bagaimana cara pengaturan kekuasaan pada masing – masing pemerintahan, baik itu di pemerintahan pusat maupun pada daerah – daerah. 
  2. Melalui proses pembuatan aturan / kebijakan oleh pemerintah setempat. 
  3. Mengatur dan membahas tentang pola dan perilaku dari sekelompok / para pejabat dengan aparat pemerintah di dalam sebuah negara. 
  4. Membahas tentang beberapa partai politik beserta segala macam aktivitas pada masyarakat di dalamnya. 
  5. Kadang – kadang disertai gejolak di dalam suatu masyarakat dalam upaya menyikapi aturan atau kebijakan terhadap kekuasaan pemerintah. 
  6. Terhubung dengan masalah ‘legitimasi’, maka di dalamnya terdapat ‘political culture’. 
Budaya Politik Yang Berkembang Di Indonesia 

Saat ini masyarakat di Indonesia sudah mulai menjalankan budaya politik berdasarkan atas budaya lokal di dalam kehidupan bermasyarakat atau bernegara, tercermin pada kehidupan mereka sehari – hari. Politik budaya telah berkembang cukup menarik pada kota – kota metropolitan di Indonesia hingga ke desa – desa sudah membaur antara ‘parokial’, ‘kaula’ dan ‘partisipan’. 

Budaya Politik yang berkembang di Indonesia tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah contoh dimana contoh lainnya yang lebih nyata adalah sebagai berikut : 
  1. Turut serta dalam kegiatan PEMILU bagi warna negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat. 
  2. Mengikuti beberapa kegiatan terkait dengan Budaya Politik atau termasuk unjuk rasa secara damai dan tertib. 
  3. Turut serta dalam forum – forum masyarakat guna menyampaikan pendapat atau ‘aspirasi’. 
Nah demikianlah ulasan singkat dari kami mengenai Budaya Politik : pengertian, ciri dan contoh Budaya Politik, semoga bermanfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon