Selasa, 19 Maret 2019

Cara Budidaya Tanaman Hias Tulip

Cara Budidaya Tanaman Hias Tulip - Masih seputar bunga tulip nih, kali ini kita akan menjelaskan cara untuk membudidayakan tanaman bunga tulip terutama di daerah tropis seperti di indonesia ini loh. Buat kalian yang kagum dengan keindahan tulip dan ingin menanamnya di rumah wajib baca sampai habis artikel ini ya. Tanaman tulip membutuhkan suhu dibawah 16 derajat, terus gimana dong? 



Nah berikut ini tahapan-tahapan dalam Budidaya tanaman hias tulip, simak ulasannya dibawah ini. 

BAHAN-BAHAN DALAM BUDIDAYA BUNGA TULIP 

Yang anda butuhkan dalam membudidayakan tanaman hias tulip untuk di Indonesia sebagai berikut: 
  • Green House dilengkapi Air Conditioner. 
  • Kulkas. 
  • Plastic Ziplock/Egg Cartons/Koran. 
  • Media Tanam. 
  • Bibit Tulip 
PROSES PEMBIBITAN 

Untuk bibit tulip perlu dilakukan yang namanya Cold Treatment atau periode pendinginan saat masih bibit, jadi bungkuslah bibit tulip tersebut dalam Koran, plastic ziplock atau karton telur ( egg cartons ), lalu masukkan ke dalam kulkas dengan suhu 2 derajat celcius sampai 17 derajat celcius. Anda juga dapat hanya memasukkan bibit tulip ke dalam wadah ember atau lainnya yang berisi air anda kemudian diletakkan di kulkas. 

Untuk dingat bahwa tidak ada sayur atau buah di dalam kulkas tersebut karena dikhawatirkan akan membunuh bibit dengan gas etilen yang dikeluarkan sayur atau buah tersebut. Selama 1-2 minggu, bibit tulip siap untuk ditanam. 

PROSES MEDIA TANAM 

Untuk langkah selanjutnya anda dapat menyiapkan media tanam anda dalam pot, berikan lapisan bawah berupa kerikil kecil setebal 3 cm dan tengahnya campuran tanah topsoil, pupuk kompos, pasir dengan memiliki perbandingan 3 : 2 : 1 dan dengan tebal 25 cm. Lapisan atas media tanam berikan pasir kasar kira-kira setebal 1 cm. 

Tempat pot di letakkan dalam Green House dengan AC yang bersuhu 16 derajat celcius atau ke bawah. Dipastikan suhu di dalam stabil agar tanaman sulip dapat ditumbuhkan dengan maksimal, anda tidak memerlukan rumah kaca ini apabila tempat tinggal anda berada di daerah pegunungan dengan memiliki suhu yang cukup dingin. 

TAHAP PENANAMAN 

Apabila anda sudah mempersiapkan semuanya maka tahap berikutnya adalah penanaman. Letakkan satu kecambah pada tiap pot, dipastikan dalam menanam posisi kecambah dengan akar menghadap ke bawah dan calon tunas batangnya menghadap ke atas. 

PERAWATAN TANAMAN TULIP 

Siram benih setiap hari pada musim kemarau dan jangan lupa untuk menjaga agar terkena sinar matahari pada musim hujan. Begitu 3 minggu terlewati, maka benih akan tumbuh dan tunas dapat anda lihat. Dalam penyiraman lakukan secara rutin seperti biasanya. 

Dan dalam pemupukan jika sudah mencapai umur 1,5 bulan. Berikan pupuk kandang ayam atau pupuk NPK mutiara. Untuk diingat dalam pemberian pupuk harus bertahap, apabila menggunakan pupuk NPK cukup diberikan 2 sendok makan saja untuk setiap tanamannya. 

Setelah perawatan anda selama 8 bulan, tanaman tulip anda akan berbunga. Jika belum, anda dapat mempercepat proses pembungaan dengan memberikan sinar matahari pagi selama 1 jam berturut-turut. Pada bung akan mengalami mekar selama 3 minggu dan akhirnya mahkota bunga akan rontok. Jika sudah mencapai tahap ini segera lakukan pemotongan tulip anda. Sekarang bunga tulip tersebut sudah bisa untuk dijual atau diawetkan. 

Demikianlah artikel kali ini semoga dengan adanya artikel tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon