Senin, 15 April 2019

Pengertian OKI

Pengertian OKI - Organisasi Kerjasama Islam atau yang biasa disingkat dengan OKI adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan sebagai wadah kerja sama antar negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah msuim. Kerja sama yang terjalin dalam OKI ini dapat mencakup bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, hingga agama. 



Awal pembentukan OKI diawali dengan adanya KTT Islam yang berlangsung di Maroko pada tahun 1969. Pertemuan KTT ini dihadiri oleh Saudi Arabia, Malaysia, Palestina, Maroko, Somalia dan Nigeria. Dalam KTT ini keputusan yang diambil adalah kecaman keras terhadap tindakan Israel yang saat itu menduduki wilayah Yerussalem dan berencana untuk menyelenggarakan Konferensi Islam tingkat Menteri Luar negeri (ICFM) di Jeddah, Arab pada tahun 1970. Motto dari organisasi OKI ini adalah “To safeguard the interests and ensure the progress and well-being of Muslims”. Dari motto tersebut, organisasi OKI ini memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah: 
  1. Untuk meningkatkan solidaritas islam diantara para anggotanya. 
  2. Terjalinnya kerjasama diantara para anggotanya dalam berbagai bidang dan sebagai media konsultasi antar anggota. 
  3. Mewujudkan perdamaian internasional dan terciptanya tatanan politik internasional yang adil serta keamanan internasional. 
  4. Menghapuskan perbedaan rasial dan kolonialisme serta segala bentuk diskriminasi. 
  5. Mewujudkan pendidikan khususnya dibidang sains dan teknologi. 
Selain memiliki tujuan-tujuan secara umum seperti yang telah disebutkan, OKI juga berkomitmen untuk melindungi tempat-tempat suci agama islam termasuk membantu perjuangan rakyat palestina sehingga dapat merdeka dan berdaulat. Hal ini tentunya dilandaskan atas dasar dimana pembentukan OKI didasari oleh kecaman negara-negara yang mayoritasnya islam akan tindakan brutal para zionis terhadap pembakaran Masjid Al-Aqsa pada tahun 1969. 

Indonesia sendiri sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, telah bergabung menjadi anggota OKI sejak pertama kali digagas yaitu pada tahun 1969. Saat ini OKI telah mempunyai 57 anggota negara dan merupakan organisasi antar-pemerintahan terbesar kedua di dunia setelah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang lebih dikenal dengan PBB. Negara-negara anggota OKI ini sudah tidak terbatas pada negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim melainkan juga ada beberapa negara yang mayoritas penduduknya bukanlah muslim.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon