Kamis, 24 Januari 2019

Pengertian Pendidikan Bagi orang Tua

Pengertian Pendidikan Bagi orang Tua - Orang tua merupakan guru pertama bagi anak-anaknya, karena orang tua adalah contoh nyata yang akan langsung di tiru dari anak-anak mereka. Tentunya sangat penting pendidkan orang tua


Untuk pertama-tama kita akan mengartikan makna dari pendidkan. 
  • Menurut KI Hajar Dewantara pendidkan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. 
  • SA. Bratanata dkk mendefinisikan pendidkan ialah usaha yang segaja diadakan baik langsung maupun tidak lansunguntuk membantu anak dalam perkembangan mencapai kedewasaan nya. 
Dari kedua arti tersebut dapat kita simpulkan arti pendidikan adalah suatu bimbingan yang dilakukan secara sadar dan disengaja oleh pendidk kepada terhadap peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung akan membentuk kepribadian kedewasaan mental, intelektual, budi pekerti yang dapat berguna bagi kehidupan. 

Pendidkan pertama yang didapat dari orang tua adalah formal dan itu di dapat dari bangku sekolah mulai SD, SMP, SMU/SMK, sampai ke jenjang perguruan tinggi.itu adalah modal utama kita untuk menjadi pendidik dasar dari anak-anak kita. 

Pentingkah pendidikan orang tua tersebut bagi anak-anak kita? Tentunya sangat perlu, karena kita bisa menjadi pendamping mereka, kita bisa mendukung pendidikan mereka dalam mewujudkan keberhasilannya nanti. Ilmu yang kita dapatkan dari pendidikan formal dulu bisa kita ajarkan pada mereka, kita tidak bisa menyerahkan sepenuhnya pendidkan formal anak kita kepada pihak sekolah. Sebagai orang tua kita perlu memantau pendidikan anak-anak kita. Lantas apa saja yang bisa kita lakukan. 
  • Pilihkan sekolah yang sesai dengan minat mereka 
  • Penuhi kebutuhan sekolahnya 
  • Dampingi anak belajar dirumah 
  • Ciptakan suasana nyaman dalam belajar 
  • Motivasi anak kita untuk meraih cita-citanya melalui pendidkan 
Pendidikan informal yang di dapat orang tua tentunya di luar dari pendidkan sekolahan. Hal itu merupakan pendidikan tentang pembentukan karakter untuk anak. Apakah kita perlu belajar? Tentu. Kita bisa mendapatkan itu dari membaca buku, browsing internet. Anak yang baru lahir adalah seperti kertas putih sebagai orang tua kitalah yang menggambar mereka, kitalah yang akan membentuk kepribadian mereka nantinya. 

Pendidikan informal yang kita dapat bisa kita terapkan di dalam keluarga, keluarga merupakan pendidikan yang paling tua yang bersifat kodrati, yakni tempat hubungan darah antara pendidk dan anak didik. 

Baca Juga :
Melalui Pendidkan informal dalam keluarga dalam keluarga, anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan dalam mengembangkan watak, kepribadian dan nilai-nilai budaya, agama, moral. Kegunaan pendidkan informal orang tua untuk anaknya adalah 
  • Pengalaman pertama masa kanak-kanak 
  • Menjamin kehidupan emosional anak 
  • Menanamkan dasar pendidkan moral 
  • Memberikan dasar pendidikan sosial 
  • Peletakan dasar keagamaan 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon