Minggu, 27 Januari 2019

Pengertian Biro Perjalanan wisata

Pengertian Biro Perjalanan wisata - Secara harfiah Pengertian Biro adalah badan usaha/ perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, perjalanan adalah kegiatan manusia untuk mengunjungi suatu tempat dengan berbagai tujuan, wisata adalah berpergian secara bersama-sama dengan tujuan bersenang-senang. 


Sesuai dengan perkembangan pariwisata, Direktorat Jendral Pariwisata memberikan definisi tentang biro perjalanan wisata melalui surat keputusan Direktorat Jendral Pariwisata No. Kep. 16/U/II/Tanggal 25 Febuari 1988 tentang pelaksanaan Ketentuan Usaha perjalanan, pada Bab I Penelitian Umum Pasal 1, memberikan pengertian dengan batasan sebagai berikut 
  • Usaha Perjalanan adalah kegiatan usaha yang bersifat komersial mengatur menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata. 
  • Biro perjalanan wisata adalah badan usaha yang menyelenggarakan kegiatan usaha perjalanan ke dalam negri maupun luar negri. 
Menurut Undang-Undang No. 9 Th. 1990 bagian kedua pasal 12, disebutkan bahwa biro perjalanan wisata merupakan usaha penyedia jasa perencanaan dan / atau jasa pelayanan dan penyelenggara wisata. 

Nyoman S. Pendit memberiakan pengertian bahwa biro perjalanan wisata perusahaan yang memiliki tujuan untuk menyiapakan suatu perjalanan bagi seorang yang merencanakan untuk mengadakannya. 

R. S. Damardjati menjelaskan bahwa biro perjalanan wisata adalah perusahaan yang khusus mengatur dan menyelenggarakan perjalanan dan persinggahan orang-orang termasuk kelengkapan perjalanannya, dari suatu tempat ke tempat lainnya, baik dalam negri maupun luar negri. 

Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian biro perjalanan wisata adalah kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur dan menyediakan pelayanan bagi sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon