Kamis, 22 November 2018

Teknik Pengajaran Kosa Kata

Pengertian Kosa Kata - Seperti diketahui bahwa pengajaran bahasa yang dilakukan sejak dini melalui cara ‘dwi bahasa’ yaitu bahasa asing dan bahasa ibu sangat tidak tepat diterapkan kepada anak – anak karena akan berpengaruh buruk terhadap kondisi kemandirian anak – anak terutama kemampuan otak dalam mempelajari bahasa yang dimaksud. 


Melalui artikel ini kami akan memberikan teknik pengajaran kosa kata atau istilah kepada orang kedua / orang lain supaya lebih mudah untuk dipahami dan diingat dimana yang paling penting dan efektif adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa.

1. Penyebutan Sinonim

Tehnik ini memanfaatkan / mengaplikasikan kosakata yang memiliki arti sama atau antara kata yang satu dengan kata yang lainnya mendekati makna yang dimaksud. Contoh dalam Bahasa Inggris adalah kata ‘smart’ diartikan ‘clever’, ‘beauty’, dan ‘gorgeous’.

2. Pendifinisian

Metode ini menyerupai teori analisis yang berisikan tentang cara untuk menguraikan spesifikasi struktural ataupun sekumpulan tentang pandangan umum yang menjelaskan / menunjukkan sebuah maksud dari sebuah kata. Contoh : kata lensa mengandung definisi sepotong / potongan kaca atau materi apa saja yang bersifat transparan, pada umumnya diletakkan diantara 2 permukaan yang bermanfaat guna mengumpulkan lalu memisahkan cahaya.

3. Penyodoran Gambar

Tehnik ini hanya mengaplikasikan untuk sesuatu yang mempunyai wujud sama. Contohnya adalah anda sedang menggambar kursi yang tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan / memberitahukan makna dari suku kata ‘chair’, dimana hal – hal lainnya yang terwakili adalah ukuran, bentuk dan warna yang berbeda – beda. Contoh yang lainnya adalah It is jar artinya ini ‘jar’, nah apakah yang dimaksud dengan jar, silahkan melihat gambar benda yang dimaksudkan,

4. Penyebutan Individu

Untuk individu, teknik pengajaran kosa kata ini sangatlah mudah untuk dipelajari. Namun memiliki kekurangan yaitu sulit diterapkan terhadap sesuatu yang mempunyai individu beragam. 

Baca Juga :
Contohnya adalah suku kata ‘kerabat dekat’ kadang – kadang dalam konteks sebuah kalimat mengandung makna yang berhubungan dengan lingkup warisan, nafkah, komitmen dan pernikahan. Maka dari itu kerabat dekat dibatasi maknanya yaitu maksud menjelaskan tentang Ayah – Ibu, Putra – Putri, dan Saudara – Saudari.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat, semoga saja memberi manfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon