Rabu, 03 April 2019

Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh kita memerlukan energi yang cukup untuk dapat menunjang segala rutinitas yang sedang dan akan kita jalani. Energi di dalam tubuh dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi setiap harinya. 



Makanan tersebut tentunya harus mengandung karbohidrat, protein ataupun lemak yang mana memang dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Namun berbeda dengan protein dan lemak yang mana tidak akan langsung diolah oleh tubuh menjadi energi, karbohidrat ketika masuk kedalam tubuh akan langsung dijadikan sumber bahan energi. 

Pengertian Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling utama bagi tubuh yang dapat ditemukan dalam berbagai makanan, namun sumber karbohidrat utama adalah makanan pokok yang tak lain adalah nasi. Namun juga dapat ditemukan dalam makanan seperti jagung, singkong, kentang, tepung dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumi makanan-makanan tersebut, tubuh akan memiliki tenaga dan kekuatan untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Proses perubahan karbohidrat menjadi energi dimulai dengan masuknya makanan yang mengandung karbohidrat tersebut ke dalam rongga mulut yang nantinya akan bercampur dengan air ludah yang mengandung enzim amilase, yang dapat mengurai karbohidrat menjadi glukosa. Selanjutnya makanan tersebut diteruskan ke tenggorokan, lambung dan usus. Di dalam usus 12 jari, proses pencernaan karbohidrat yang belum terurai secara sempurna di rongga mulut, akan dipecah kembali dengan menggunakan enzim amilase yang dihasilkan dari getah pankreas, dan dipecah menjadi disakarida. 

Setelah melalui usus 12 jari, proses pencernaan karbohidrat dalam wujud disakarida ini akan dilanjutkan ke usus kosong, dimana disakarida ini akan dipecah kembali menjadi monosakarida dengan bantuan enzim-enzim disakaridase seperti maltase, lactase, sukrase, yang terdapat pada getah usus halus hasil sekresi dinding-dindingnya. Monosakarida inilah yang selanjutnya diserap oleh tubuh ke dalam aliran darah. Ketika monosakarida ada di dalam pembuluh darah maka disebut dengan gula darah atau glukosa. Biasanya kadar glukosa dalam darah akan tinggi sesaat setelah makan, pada waktu tersebut tubuh akan mengirim sinyal ke kelenjar pankreas sebagai salah satu organ pencernaan untuk menghasilkan hormon insulin. 

Hormon insulin inilah yang akan memberitahu sel-sel dalam tubuh bahwa sumber energi utama (glukosa) sudah tersedia dan glukosa tersebut akan masuk kedalam sel tubuh dan diubah menjadi energi. 

Namun tidak semua sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi, sel-sel di dalam otot dan hati akan menyimpan glukosa sebagai cadangan energi dan dipakai ketika tidak ada makanan yang masuk kedalam tubuh dan ketika tubuh mengalami kekurangan energi.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon