Sabtu, 12 Januari 2019

Teknik Dan Cara Budidaya Jagung Manis

Teknik Dan Cara Budidaya Jagung Manis - Jagung dipilih bukan karena memiliki cita rasa yang lezat namun juga karena memiliki kandungan Karbohidrat yang tak kalah besar dengan nasi. Untuk mengetahui kandungan apa – apa saja yang terdapat dalam Jagung (Manis), maka anda bisa membaca penjelasan kami tersebut di bawah ini : 


Kandungan nutrisi di dalam bulir – bulir Jagung (Manis) adalah sebagai berikut : 

Karbohidrat, Kalori, Serat, Glukosa, Lemak, Protein, Triptofan, Treonina, Asam Asparat, Asam Glutamat, dan Vitamin ( A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C ). 


Berikut merupakan langkah – langkah termudah dan sederhana di dalam membudidayakan Jangung (Manis) dalam skala kecil – sedang bagi pemula adalah tersebut di bawah ini : 

1/Media budidaya Jagung (Manis) 

Untuk media yang dimanfaatkan dalam hal ini hampir menyerupai media tanam pada tanaman Buah Pepaya California, dimana anda terlebih dahulu menentukan lokasi yang tepat. Apa sajakah yang patut diberi perhatian, simak penjelasannya berikut ini : 
  1. Pastikan lokasi yang akan anda pilih berdekatan dengan tempat tinggal anda sehingga sewaktu – waktu memudahkan anda melakukan pengecekan lahan dan kondisi tanaman nantinya. 
  2. Pastikan lokasi tersebut bebas dari limbah dan mempunyai tanah bertekstur subur dan gembur. 
  3. Pastikan lokasi yang akan anda pilih mempunyai kondisi tanah lahan yang cukup luas minimal seluas 3 m x 3 m hingga 5 m x 5 m dan dalam kondisi tak ternaungi oleh apapun. Sehingga tanaman Jagung Manis anda memperoleh penyinaran matahari dalam jumlah yang mencukupi. 
Langkah selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah menyediakan / membuat lahan tanam sebagai media pembudidayaan. Pertama – tama buat patokan sebagai pembatas lahan tanam sambil membersihkan lahan tanam dari rumput liar / gulma dan batu – batu kerikil yang cukup mengganggu. 

Selanjutnya bajak tanah dengan memakai cangkul saja hingga kondisi tanah benar – benar mempunyai tekstur tanah yang gembur dengan masing – masing kedalaman hingga mencapai sekitar 30 Cm. 

Ukurlah pH tanah, apabila mempunyai kadar keasaman dalam tingkat tinggi maka segera lakukan pengapuran dengan menggunakan ‘dolmit’ hingga pH rata – rata mencapai 6 s/d di atas 7. Setelah selesai dalam melakukan pengapuran, lanjutkan dengan melakukan pemupukan guna menyumbang nutrisi tambahan pada tanah. Pupuk yang dapat anda aplikasikan jumlahnya ada beragam namun akan lebih baik dan cukup menyehatkan jika menggunakan kompos atau pupuk kandang. Karena kedua jenis pupuk ini dikenal sebagai pupuk yang ramah lingkungan sehingga tak akan merubah kondisi tekstur tanah untuk jangka panjang pemakaian. 

Siapkan / buatkan gundukan – gundukan panjang dengan memakai ukuran jarak rata – rata 1 m untuk masing – masing deret. Persiapkan media tanam selama 2 minggu sebelum memasuki masa tanam tiba. 

2/Bibit Jagung Manis 

Belilah bibit yang sesuai dengan kesukaan / keinginan anda, dimana dikenal ada 2 cara di dalam memperoleh bibit unggul Jagung Manis adalah sebagai berikut : 

Mengenai bibit Jagung Manis bisa dengan mudah anda mendapatkannya yaitu dengan membeli secara langsung pada kios – kios pertanian ataupun mengunjungi langsung ke ladang Pak Tani untuk mendapatkan beberapa rumpun Jagung Manis yang muda. Disarankan untuk membeli bibit yang sudah siap tanam tanpa harus melalui proses penyemaian benih. 

Cara kedua dalam mendapatkan bibit Jagung Manis dengan melakukan proses penyemaian benih Jagung Manis terlebih dahulu, semaikan benih – benih Jagung Manis dalam media semai berupa tray yang sudah berisi tanah campuran pupuk. Perbandingannya adalah 2 : 1. Setelah benih – benih tersebut bertunas maka pindahkan dengan hati – hati ke dalam polybag ataupun pot – pot kecil guna melakukan proses perawatan lebih lanjut berupa proses penyiraman disertai pemupukan hingga tunas – tunas tersebut menjadi bibit dengan mencapai ketinggian sekitar 10 Cm.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon