Senin, 19 November 2018

Pengertian dan Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki dan Perempuan

Pengertian dan Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki dan Perempuan - Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu dapat berkembang biak. Sebagai makhluk hidup, manusia dapat berkembang biak dan menghasilkan keturunan. 



Sistem reproduksi manusia memiliki peran yang penting agar manusia dapat menghasilkan keturunan. 

Sistem reproduksi pada manusia awalnya terjadi saat sel telur dari perempuan bertemu dengan sel sperma dari laki-laki pada hubungan seksual. 

Proses ini dapat terjadi apabila sistem reproduksi manusia dapat bekerja dengan baik. Sistem reproduksi pada manusia terdiri dari alat reproduksi dan hormon reproduksi. Manusia laki-laki dan perempuan memiliki sistem reproduksi yang berbeda sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki

Fungsi umum dari sistem reproduksi pada manusia laki-laki yaitu untuk memproduksi, menyimpan, dan mengantarkan sperma agar dapat membuahi sel telur dari perempuan. Hormon yang berperan pada sistem reproduksi laki-laki yaitu testosteron yang berperan dalam perkembangan karakteristik fisik dan gairah seksual, FSH dan LH yang berperan dalam produksi sperma.

Organ reproduksi laki-laki terdiri dari organ eksternal dan organ internal. Organ reproduksi eksternal sebagi tempat produksi dan penyimpanan sperma terdiri dari uretra, vas dererens, epididimis, vesikula seminalis, duktus ejakulatorius, dan kelenjar prostat. Berikut adalah organ reproduksi eksternal yang ada pada manusia laki-laki:
Penis 
Organ yang digunakan pria untuk berhubungan seksual dan merupakan saluran keluarnya sperma. 

Skrotum 
Kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis, berperan untuk melindungi testis. 

Testis 
Organ yang terletak dalam skrotum, berperan untuk produksi sperma dan hormon testosteron 

Sistem Reproduksi Manusia Perempuan

Fungsi utama dari sistem reproduksi perempuan yaitu untuk tempat produksi sel telur serta tempat berkembangnya janin yang merupakan hasil dari pembuahan sel telur dan sperma. Manusia perempuan juga dapat melahirkan janin yang dikandungnya apabila perkembangannya sudah selesai. 

Hormon yang berperan pada sistem reproduksi perempuan yaitu FSH dan LH untuk membantu pembentukan sel telur di ovarium, serta estrogen dan progesteron yang berperan pada proses kehamilan.

Organ reproduksi para manusia perempuan terdiri dari organ internal dan eksternal. Organ eskternal yang ada diantaranya labium mayor, labium minor, kelenjar Bartholin, dan klitoris. Sedangkan berikut adalah organ internal yang ada pada sistem reproduksi perempuan:
  • Tuba Falopi 
Tabung kecil yang menempel pada bagian atas rahim sebagai jalur pergerakan sel telur dari ovarium ke rahim.
  • Ovarium 
Kelenjar yang terletak di sisi rahim, berperan untuk menghasilkan sel telur serta hormon estrogen dan progesteron
  • Vagina 
Jalur yang menghubungkan mulut rahim atau serviks ke luar tubuh. Jalur ini merupakan jalur lahirnya janin serta tempat masuknya penis saat berhubungan seksual
Rahim (uterus)

Organ berongga sebagai tempat berkembangnya janin selama kehamilan.

Baca Juga :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon