Senin, 25 Februari 2019

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong - Tanaman Ganyong atau ‘Canna Edulis’ merupakan salah satu jenis tanaman hias yang hanya tumbuh selama dua musim saja atau pada beberapa tempat mampu bertahan hingga beberapa tahun. 


Tanaman hias ini termasuk ke dalam famili ‘canaceae’ seperti halnya tanaman lain yang digolongkan ke dalam kelompok tanaman umbi – umbian, maka dari itu tujuan membudidayakan Tanaman Ganyong adalah untuk dimanfaatkan umbinya. 

Umbi dari Tanaman Ganyong dikenal bernama ‘Rhizome’ yang rasanya gurih dikonsumsi sebagai kudapan ringan yang menyehatkan tubuh atau pada beberapa orang dimanfaatkan sebagai bahan utama makanan sehari – hari seperti beras yang dimasak menjadi nasi. 

Saat ini jarang oarng – orang terutama di daerah pedesaan yang masih mengonsumsi umbi Ganyong disebabkan karena kelestarian dari Tanaman Ganyong mulai terancam punah yang menyebabkan budidaya tanaman ini semakin berkurang. 

Nah berikut ini kami berikan rincian klasifikasi dan morfologi Tanaman Ganyong sebagai berikut : 

Klasifikasi Tanaman Ganyong 
  • Kingdom : Plantae / tumbuhan 
  • Divisi : Magnoliophyta / tumbuhan berbunga 
  • Kls : Liliop. / monocotyledone / adalah tanaman dengan biji berkeping tunggal 
  • Ordo : Zingiberales 
  • Famili / suku : Cannaceae 
  • Genus : Canna L. 
  • Spesies / jenis : Canna Indica L. 
Morfologi Tanaman Ganyong 
  • Morfologi batang pada Tanaman Ganyong 
Tanaman Ganyong adalah salah satu tanaman herba yang memiliki bentuk seperti rumpun dimana masing – masing bagian ‘vegetatif’nya seperti mulai dari batang dan daun memiliki lapisan lilin yang cukup tebal sehingga sepintas lalu tanaman ini mirip dengan tanaman hias. 

Selama tanaman ini mampu bertahan hidup, mereka akan tetap memiliki batang berwarna hijau terang seperti daunnya. Batang dari Tanaman Ganyong mampu mencapai ketinggian antara 0,9 hingga 1,8 meter. Panjang dari batang Tanaman Ganyong diukur mulai dari ujung tanaman hingga ke ujung dari umbinya di dalam tanah. Sebenarnya, batang Tanaman Ganyong yang menyembul ke permukaan tanah merupakan batang semu yang terdiri dari sekumpulan pelepah – pelepah daun. 
  • Morfologi daun pada Tanaman Ganyong 
Tanaman ini mempunyai daun berlapis lilin berwarna hijau muda cantik, hijau tua, dan kadang – kadang hijau bergaris ungu atau semua bagian berwarna ungu, berbentuk ‘elips’ yang memanjang dan cukup lebar. Ujung daun dan pangkal daun berbentuk sedikit meruncing. Daun Tanaman Ganyong mempunyai panjang kisaran antara 15 s/d 60 Cm dengan lebar kira – kira 7 s/d 20 Cm. Pada bagian tengah daun dari Tanaman Ganyong mempunyai tulang daun berukuran tebal dan berair. Begitu pula halnya dengan bagian pelepah daun, memiliki warna ungu kehijauan, mengandung air dan berlapis lilin cukup tebal. 
  • Morfologi bunga Tanaman Ganyong 
Warna bunga rata – rata adalah jingga dengan pangkal bunga berwarna kekuningan. Tanaman Ganyong mempunyai bunga yang terdiri atas 3 helai kelopak dimana bunga yang tumbuh menyerupai Bunga Tasbih. Perbedaannya adalah terletak pada ukurannya saja. Perbungaan Tanaman Ganyong biasanya tumbuh pada bagian ujung ranting, tandan, dan secara umum terlihat sederhana meskipun kadang – kadang terdapat cabang. 

Bunga yang muncul bisa bersifat berpasangan maupun tunggal dan tidak teratur. Bunga Tanaman Ganyong merupakan bunga ‘biseksual’ yang terdiri dari kelopak bunga memiliki bentuk bulat telur, bermahkota berbentuk pita dengan bunga kadang – kadang berwarna merah pucat hingga kuning.
  • Morfologi umbi Tanaman Ganyong 
Umbi Tanaman Ganyong berbentuk besar dengan diameter kisaran antara 5 s/d 8,75 Cm dan panjang kisaran antara 10 s/d 15 Cm bahkan pada waktu sedang musim tanam Tanaman Ganyong, panjang tanaman mampu mencapai ukuran hingga 60 Cm. Pada bagian tengah dari umbi Tanaman Ganyong berukuran tebal yang dikelilingi oleh sisi berwarna ungu ataupun cokelat. 
  • Morfologi buah Tanaman Ganyong 
Tanaman Ganyong mempunyai buah yang berbentuk kotak, unik dan khas dengan dilengkapi 3 ruang di dalam buah yaitu masing – masing ruang terdiri atas 5 butir biji yang berukuran kecil dengan buah berwarna hitam. Pertumbuhan buah Ganyong tidak sempurna karena tertutup oleh ‘papilla’ dengan panjang buah kisaran 3 Cm. 

Demikian kami menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi Tanaman Ganyong, semoga bermanfaat bagi para pembaca ! 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon