Rabu, 23 Januari 2019

Pengertian dan Dampak Polusi Suara

Pengertian dan Dampak Polusi Suara - Sepanjang hari, pasti akan selalu ada suara yang kita dengar, terlebih lagi di kehidupan modern ini. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak pula sumber suara dan bebunyian yang akhirnya mengakitbatkan dunia ini menjadi bising dan bahkan menyebabkan adanya polusi suara


Pengertian Polusi Suara

Pengertian Polusi suara atau pencemaran suara adalah menumpuknya suara-suara bervolume tinggi di suatu lingkungan sehingga menganggu ketentraman makhluk hidup yang berada di lingkungan tersebut. Suara-suara dan kebisingan yang kita ciptakan sehari-hari ternyata tanpa disadari merupakan faktor utama terjadinya polusi suara tersebut. 

Sumber dari polusi suara itu sendiri pun beragam, mulai dari manusia hingga kendaraan dan mesin yang sehari-hati kita pergunakan, termasuk di dalamnya televisi, AC, mobil, alat musik, sepeda motor, dan lain sebagainya. Sumber kebisingan tersebut dapat merambat melalui udara maupun melalui benda padat dan memberikan dampak tertentu bagi kita dan juga lingkungan tempat kita tinggal. 

Dampak Polusi Suara 

Dampak dari polusi suara ini tentunya ialah menyebabkan ketidaknyamanan bagi kita. Bila polusi suara tersebut terus berlanjut dan melebihi 78-85 desibel (dB), maka hal tersebut akan menyebabkan gangguan pendengaran yang membahayakan bagi kita. 

Hal tersebut diindikasikan dengan adanya perasaan menyakitkan saat mendengar suara atau suara berdenging di telinga.

Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kinerja kita, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, kemampuan berkonsentrasi, serta kepercayaan diri. Selain itu, gangguan suara ini dapat menyebabkan gangguan tidur, penyakit kardiovaskular, perilaku agresif, hingga gangguan mental. 

Sebagai tambahan, daripada orang dewasa, anak-anak lebih rentan terdampak polusi suara. Hal tersebut dapat mempengaruhi daya ingat dan daya kembangnya.

 Bahkan, kemampuan belajar anak-anak yang terpapar polusi suara cenderung lebih rendah dari anak-anak seusianya. 

Terlepas dari dampak negatifnya, ternyata polusi suara ini juga memiliki dampak positif yang bisa kita manfaatkan. Sumber suara tertentu, terutamanya musi, dapat pula dimanfaatkan sebagai metode terapi kesehatan. 

Selain itu, polusi suara ini pun dapat dimanfaatkan oleh pihak tertentu dengan keterampilan tertentu untuk membuka lapangan pekerjaan, semisal musisi dan penyanyi.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon