Senin, 26 Agustus 2019

Pengertian Dan Jenis Konflik

Pengertian Dan Jenis Konflik - Setiap individu mungkin pernah memiliki konflik di dalam hidupnya. Pengertian dari konflik menurut sosiologi itu sendiri adalah suatu proses sosial dua individu atau lebih, atau bisa juga dua kelompok sosial atau lebih yang saling sama-sama saling berusaha untuk menyingkirkan pihak lainnya agar tujuannya tercapai yang disertai dengan ancaman, perlawanan, dan bahkan kekerasan. 



Konflik berasal dari bahasa Inggris yaitu “Conflict” yang memiliki arti perselisihan atau pertentangan. Konflik merupakan suatu proses interaksi sosial disosiatif yang akan terjadi ketika ada beberapa pihak yang ingin mencapai tujuannya dalam waktu yang bersamaan. 

Pengertian Konflik Menurut Para Ahli 

Selain pengertian konflik diatas, beberapa ahli juga mendefinisikan konflik, yaitu : 

1. Taquiri dan David 

Konflik merupakan sebuah warisan dari adanya kehidupan sosial yang terjadi di berbagai keadaan sebagai akibat dari adanya kontroversi, ketidaksetujuan, pertentangan yang terjadi diantara keduabelah pihak atau lebih secara terus-menerus. 

2. Lewis A. Coser 

Konflik adalah suatu tuntutan atau perjuangan nilai-nilai atas status dan merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri yang akan terus ada, sehingga dimana ada masyarakat maka disitulah ada konflik. 

3. Soerjono Soekanto 

Konflik adalah suatu pertentangan yang terjadi diantara dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuannya, salah satunya dengan cara menentang si pihak lawan. 

4. Robbins 

Konflik merupakan suatu proses sosial yang ada di dalam masyarakat yang terjadi anatara pihak yang berbeda kepentingan dengan saling memberikan dampak negatif, yang berarti pihak-pihak tersebut sama-sama saling memberikan perlawanan. 

5. Alabaness 

Konflik adalah keadaan dimana masyarakat mengalami rusaknya keteraturan sosial. Hal ini dimulai dengan adanya individu atau suatu kelompok yang tidak sependapat dengan pendapat pihak yang lainnya, sehingga mendorong terjadinya perubahan pada perilaku, sikap, dan juga tindakan karena ketidaksetujuannya tersebut.

Jenis-jenis Konflik 

Setelah kita mengetahui apa itu konflik, maka kita akan mengetahui juga jenis konflik, yaitu : 

1. Konflik Individu 

Konflik yang terjadi antara individu dengan kelompok masyarakat atau individu dengan individu. Biasanya terjadi di dalam suatu pertemanan, keluarga, dan dunia kerja. 

2. Konflik Rasial 

Konflik ini bisa terjadi ketika ada ras yang merasa lebih unggul dibandingkan ras lainnya. 

3. Konflik Agama 

Konflik agama terjadi pada suatu kelompok yang memiliki agama atau keyakinan yang berbeda. 

4. Konflik Antar Kelas Sosial 

Didalam masyarakat ada beberapa kelas sosial, hal ini bisa menimbulkan sebuah konflik. 

5. Konflik Politik 

Adanya pandangan dalam berpolitik juga bisa memicu terjadinya konflik. 

6. Konflik Sosial 

Sedangkan konflik sosial adalah suatu konflik yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, contohnya masalah ekonomi, masalah pergaulan, dan lain sebagainya. 

7. Konflik Internasional 

Konflik yang terjadi antara negara, baik negara miskin, berkembang, ataupun negara maju.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 comments

Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq^^com...
segera di add Whatshapp : +855969190856


EmoticonEmoticon