Senin, 05 November 2018

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin - Hai teman – teman semua, melalui artikel ini kami akan membahas tentang pengertian, sejarah, dan jenis vitamin beserta dengan hal – hal lainnya yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya seperti fungsi dan sumber vitamin yang erat hubungannya dengan macam – macam vitamin yang akan dibahas. 


Sebelum mengulas tentang pengertian vitamin, jenis bahkan sejarah ditemukannya vitamin maka perlu mengetahui tentang pengertian vitamin yang dihubungkan dengan fungsi, ragam, dan sumber serta jenis vitamin atau dimanakah nantinya vitamin – vitamin tersebut dengan mudah didapatkan oleh orang awam. 

Baca Juga :
Vitamin merupakan sebuah istilah medis yang sudah umum diketahui oleh orang awam sekalipun dan bukan merupakan istilah baru yang anda dengar terutama untuk Vitamin C, pastilah semua orang mengenalnya, namun meskipun Vitamin C cukup populer hingga anak – anak pun menyukainya karena rasanya yang rata – rata enak, Vitamin ternyata memiliki banyak jenis yang wajib dikenal satu per satu karena fungsinya sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seperti sejarah mencatat ditemukannya bermacam – macam Vitamin karena pada waktu itu kondisi buruk terhadap kesehatan masyarakat sangat dikhawatirkan sehingga tim medis kedokteran sedunia mulai berpikir untuk menemukan obat yang bisa difungsikan setiap hari sebagai obat namun dengan dosis ringan. 

Yang dimaksud dengan vitamin adalah salah satu atau pencampuran senyawa kimia yang sulit untuk dibuat sendiri oleh tubuh dan organ – organ tubuh di dalamnya namun sangat dibutuhkan untuk mendorong masa – masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Dimana diketahui bahwa tubuh anda setiap hari membutuhkan sejumlah asupan vitamin yang berfungsi sebagai media untuk pertumbuhan sel lalu mengatur dan memperbaiki fungsi alat tubuh yang tidak sehat sekaligus mengatur hubungan dengan penggunaan terhadap makanan dan energi. 

Nah dari uraian tersebut di atas selanjutnya bisa diberikan penjelasan secara singkat saja tentang jenis – jenis vitamin ada beberapa macam perlu anda ketahui, seperti tersebut di bawah ini, sebagai berikut : 

1. Vitamin A / Retinol 

Yang dimaksud dengan Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting guna menjaga dan merawat kecantikan kulit sehingga tetap awet muda meskipun usia sudah lanjut. Fungsi kedua adalah untuk pertumbuhan tubuh pada umumnya serta menjaga kesehatan mata. 

Sumber alami dari Vitamin A adalah banyak terkandung dalam sayur wortel, sayuran hijau, ubi jalar, buah avokad, labu siam, dan buah semangka. 

2. Vitamin B1 / Tiamin 

Yang dimaksud dengan Vitamin B1 adalah salah satu jenis vitamin yang memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, dimana vitamin ini mempunyai fungsi untuk menambah nafsu makan sekaligus sebagai pengatur fungsi alat – alat pencernaan dan fungsi saraf. 

Sumber vitamin B1 terbaik terkandung pada biji – bijian yang masih terbungkus kulit ari, gandum, kecambah, ragi dan jenis kacang – kacangan kering. 

3. Vitamin B2 / Riboflavin 

Vitamin B2 adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan cukup penting terhadap masa – masa pertumbuhan tubuh, dimana juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan keindahan rambut, menjaga kesehatan dan keindahan kuku, serta membantu kelancaran proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh sehingga mendapatkan sumber energi yang seimbang. 

Sumber terbaik mendapatkan vitamin ini adalah pada susu, telur, kacang – kacangan dan ragi. 

4. Vitamin B6 / Piridoksin 

Vitamin jenis ini memiliki fungsi yang cukup lengkap dalam menjaga pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut serta mengurangi rasa mual karena mabuk dalam perjalanan, mengurangi kejang – kejang ringan pada bagian lengan dan anggota tubuh yang lainnya, mencegah dan mampu mengobati kondisi buruk terhadap kulit yang sangat kasar hingga meradang seperti jerawat akut. 

Sumber utama mendapatkan Vitamin B6 adalah dari biji – bijian sekaligus dengan pembungkusnya yaitu kulit ari, ikan laut atau ikan air tawar, ragi dan jagung. 

5. Vitamin B12 / Sianokobalamin 

Vitamin ini mempunyai peranan khusus dan cukup penting dalam melalui sebuah proses pembentukan sel – sel baik di dalam tubuh anda terutama terhadap proses pembentukan sel – sel darah merah, dan mempertajam daya konsentrasi. 

Sumber terbaik diperoleh dari hati ayam, telur dan daging. 

6. Vitamin C / Asam Askorbat 

Vitamin jenis ini merupakan salah satu vitamin yang berperan penting untuk proses penyembuhan sakit karena infeksi disertai pencegahan alergi akut dan ‘skorbut’. 

Sumber terbesar dari Vitamin C antara lain buah jeruk, tomat, nanas dan sayur – sayuran segar. 

7. Vitamin D 

Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan proses pembentukan tulang sekaligus memperkuat rangka.

Sumber terbesar Vitamin D antara lain minyak ikan, susu, mentega, kuning telur, dan ikan laut. Sumber lainnya adalah berupa sinar matahari di waktu pagi hari. 

8. Vitamin E / Tokoferol 

Vitamin ini memiliki fungsi sebagai media untuk mencegah terjadinya keguguran, kemandulan, dan perdarahan. 

Sumber vitamin E terbesar ada pada biji – bijian, kecambah, minyak kelapa dan minyak zaitun. 

9. Vitamin K / Filokuinon 

Vitamin ini memiliki peranan penting yaitu terhadap proses pembekuan darah ketika anda sedang terluka. 

Vitamin K terkandung pada sayuran hijau, tomat dan kacang kedelai.

Nah, sekian pembahasan kami tentang vitamin, semoga memberikan banyak manfaat.

Baca Juga :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon