Sabtu, 03 November 2018

Proses dan Reaksi Kimia Fotosintesis

Proses dan Reaksi Kimia Fotosintesis - Fotosintesis merupakan proses biokimia yang dilakukan makhluk hidup untuk memproduksi zat makanan sendiri berupa glukosa. Proses ini dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan hijau yang memiliki klorofil dan juga oleh alga dan beberapa jenis bakteri. 


Proses ini berupa penyusunan senyawa kompleks atau organik dari senyawa sederhana atau anorganik dengan bantuan dari energi cahaya. 

Senyawa sederhana yang dibutuhkan agar proses fotosintesis dapat terjadi diantaranya karbon dioksida (CO2), air (H2O) dan membutuhkan adanya klorofil serta cahaya matahari. Proses fotosintesis dapat menghasilkan zat yang dibutuhkan makhluk hidup, yaitu cadangan makanan berupa glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). 

Umumnya, karbon dioksida diambil pada malam hari saat tidak ada cahaya oleh mulut daun. Air diambil dari dalam tanah melalui akar tumbuhan, lalu masuk ke jaringan transportasi tumbuhan yang terdiri dari xylem dan floem pada batang tumbuhan. Di siang hari, saat tumbuhan mendapatkan penyinaran dari matahari, proses fotosintesis dapat berlangsung. 

Faktor yang mempengaruhi fotosintesis salah satunya adalah cahaya. Cahaya matahari ini diserap oleh klorofil pada daun hijau. Sinar matahari bertindak sebagai energi yang dibutuhkan dalam sintesis glukosa. Proses fotosintesis terjadi di kloroplas. Setelah proses selesai, oksigen lepas ke udara bebas. Glukosa yang dihasilkan diedarkan ke seluruh tanaman melalui floem. Sisa glukosa disimpan dalam tanaman dalam bentuk karbohidrat di dalam akar, batang, buah, atau biji. 

Reaksi fotosintesis ada dua jenis, yaitu reaksi terang dan juga reaksi gelap. 

1. Reaksi Terang 

Reaksi terang terjadi di ruang terbuka, saat ada sinar matahari yang cukup. Reaksi ini memerlukan bantuan dari sinar matahari. Reaksi terang terjadi di membran tilakoid pada kloroplas. Klorofil berperan untuk menyerap sinar matahari yang diterima. 

2. Reaksi Gelap 

Reaksi gelap tidak bergantung kepada adanya sinar matahari. Reaksi gelap ini tidak terjadi di membran tilakoid, namun di stroma kloroplas. Reaksi ini dapat terjadi akibat adanya enzim-enzim fotosintesis. Reaksi gelap bertujuan untuk sintesis glukosa dari karbon dioksida. Daur reaksi gelap disebut juga dengan Daur Benson-Calvin. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon