Sabtu, 20 Juli 2019

Cara Mengatasi Inflasi

Cara Mengatasi Inflasi - Pengertian inflasi adalah suatu keadaan perekonomian berupa kenaikan harga dalam waktu yang panjang. Kenaikan harga pada masa lebaran tidak termasuk dalam kategori inflasi, karena kenaikan harga bersifat sementara. Penyebab terjadinya inflasi karena peredaran uang lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi dan mengendalikan inflasi. 


Inflasi digolongkan dalam empat golongan, yaitu inflasi ringan, sedang, berat dan hiperinflasi. Inflasi ringan terjadi bila kenaikan harga berada di bawah angka 10% setahun, inflasi sedang antara 10%-30% setahun, inflasi berat antara 30%-100% setahun, dan hiperinflasi atau inflasi tak terkendali terjadi apabila kenaikan harga berada di atas 100% setahun. 

3 CARA MENGATASI INFLASI 

1. Kebijakan Moneter 

Kebijakan moneter merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk menjaga kestabilan moneter untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan ini meliputi : 
  • Penetapan persedian kas : Bank sentral mengambil kebijakan dengan mengurangi jumlah peredaran uang dengan menetapkan persediaan uang yang beredar dan menetapkan persediaan uang kas pada bank-bank. 
  • Kebijakan Diskonto : Bank sentral meningkatkan nilai suku bunga yang bertujuan untuk mendorong masyarakat agar menabung sebagai upaya pengurangan jumlah uang yang beredar. 
  • Operasi Pasar Terbuka : Bank menjual surat-surat berharga seperti SUN (surat utang negara). Dengan menjual surat – surat berharga peredaran uang akan semakin berkurang. 

2. Kebijakan Fiskal 

Kebijakan fiskal merupakan langkah untuk mempengaruhi penerimaan dan pengeluaran pemerintah sebagai upaya mengurangi tingkat inflasi. Kebijakan fiskal antara lain sebagai berikut. 
  • Menghemat Pengeluaran Pemerintah : Pemerintah mengurangi pengeluaran untuk mempengaruhi permintaan barang dan jasa. Penurunan permintaan akan menurunkan harga sehingga akan mempengaruhi inflasi. 
  • Menaikkan Tarif Pajak : kenaikan pajak akan mengurangi tingkat konsumsi masyarakat sehingga akan mengurangi permintaan barang dan jasa. 
3. Kebijakan Lainnya 

Ada cara lain yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengendalikan inflasi, yaitu sebagai berikut. 
  • Meningkatkan Produksi dan Menambah Jumlah Barang di Pasar : Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan produksi dengan pemberian premi atau subsidi bagi perusahaan yang dapat memenuhi target tertentu. Agar jumlah barang yang beredar bertambah, pemerintah membuka pasar impor dengan menurunkan bea masuk barang impor. 
  • Penetapan Harga Maksimum Untuk Beberapa Jenis Barang : Penetapan harga akan mengendalikan harga yang ada. Penetapan harga ini harus realistis untuk menghindari pasar gelap. 
  • Menjaga Kestabilan Upah : Kestabilan tingkat upah akan menekan kenaikan biay produksi sehingga harga jual barang tidak mengalami kenaikan harga. 
  • Melarang Penimbunan Barang Oleh Pedagang : Penimbunan barnag akan mengakibatkan kelangkaan barang dipasar yang memicu kenaikan harga.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon