Kamis, 10 Januari 2019

Pengertian Dan Fungsi Hormon ‘Brassinosteroids’ Pada Tumbuhan

Pengertian Dan Fungsi Hormon ‘Brassinosteroids’ Pada Tumbuhan - Masing – masing tumbuhan pastilah mempunyai media yang berfungsi sebagai perangsang di dalam tubuh mereka agar bisa dan mampu untuk melakukan perkembangbiakan dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam masa pertumbuhan tersebut. 


Perangsang yang dimaksud di atas adalah media yang berhubungan dengan hormon tumbuhan. Dimana hormon – hormon tersebut dihasilkan oleh tanaman yang bersangkutan pada organ - organ tertentu yang membutuhkan asupan makanan melalui sel – sel tumbuhan yang nantinya akan bekerja sama lebih efektif dan efisien guna kelancaran pertumbuhan dari tanaman tersebut. 

Faktor ‘fisiologis’ terhubung dengan dunia tumbuh – tumbuhan adalah erat kaitannya dengan hormon, dimana yang dimaksud dengan proses yang menyertai faktor fisiologis adalah suatu proses yang bersifat fungsional terjadi pada tingkat seluler yang memiliki peranan besar dalam mempengaruhi pertumbuhan sekaligus memantau perkembangan tanaman. 

Yang paling menonjol adalah jenis hormon Brassinosteroids yang banyak membantu tumbuh – tumbuhan berkaitan dengan fungsinya yaitu merupakan salah satu hormon di dalam tubuh tanaman yang berfungsi untuk menstimulasi terjadinya pertumbuhan melalui proses pemanjangan sel – sel disertai pembelahan sel – sel sekaligus mempengaruhi gaya ‘gravitropisme’ beserta ketahanan stres dan kondisi ‘diferensiasi xilem’. 

Di dalam bekerja untuk memperlancar proses pertumbuhan pada tanaman, hormon Brassinosteroids tidak bekerja secara sendirian namun ada beberapa hormon serupa yang membantu kelancaran jalannya proses kerjasama di dalam tubuh tanaman sehingga berhasil membangun sel – sel berguna untuk kepentingan tanaman tersebut. 

1/Hormon Asam Salisik 

Merupakan hormon yang ada di dalam tubuh tanaman yang berperan aktif guna mendorong sekumpulan gen yang sedang memproduksi senyawa pertahanan untuk mampu menjaga gen – gen tersebut dari serangan ‘patogen’. 

2/Hormon Jasmonates 

Adalah salah satu jenis hormon yang memiliki fungsi yaitu sebagai media pendorong terjadinya proses pembentukan zat – zat protein pertahanan yang bermanfaat untuk melumpuhkan / melawan serangan penyakit yang bersifat patogen terhadap organisme yang dianggap mengganggu mereka. 

3/Hormon ‘Peptida’ 

Hormon Peptida adalah salah satu jenis hormon yang memiliki fungsi untuk media pertahanan terhadap jenis tanaman tertentu dimana hormon ini turut serta di dalam mengendalikan proses pembelahan sel – sel dan perkembangan sel yang bersangkutan serta mengecek apakah ada ketidakcocokan antara serbuk sari terhadap diri sendiri masing – masing. 

4/Hormon ‘Strigolactones’ 

Merupakan salah satu jenis hormon yang memiliki fungsi sebagai media untuk menghambat terjadinya pembentukan tunas – tunas cabang pada tanaman yang tak berguna sehingga tumbuh – tumbuhan mampu membentuk dirinya menjadi bertambah besar dan tinggi. 

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian dan fungsi hormon Brassinosteroids pada tumbuhan tertentu beserta hal – hal lain terkait dengan keberadaan homon ini dan hormon lainnya yang membantu, berguna sekali sebagai bahan bacaan untuk siswa / wi agar bermanfaat di masa depan. Terimakasih. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon