Senin, 10 Desember 2018

Pengertian, Jenis, Dan Ciri Dongeng

Pengertian, Jenis, Dan Ciri Dongeng - Pengertian dongeng adalah salah satu wujud dari sastra lama yang di dalamnya menceritakan tentang sebuah atau beberapa peristiwa yang masing – masing bagian mampu memunculkan rasa takjub disertai tambahan lainnya berupa sifat – sifat khayalan / fiksi yang oleh beberapa masyarakat pada suatu tempat percaya bahwa cerita yang dimaksud benar – benar nyata. 


Dongeng merupakan salah satu wujud dari cerita – cerita tradisional atau cerita yang akan disampaikan secara turun – temurun dilakukan sejak jaman nenek moyang dahulu hingga sekarang kelestariannya masih terjaga pada beberapa daerah di Indonesia. 

Pengertian Dongeng Menurut Kamisa, 1997 : 144 

Secara garis besar pengertian dogeng menurut ahli yang satu ini adalah merupakan sebuah cerita yang dituliskan atau disebarkan dari mulut ke mulut untuk dibicarakan yang memiliki sifat hanya sebagai media hiburan saja dan biasanya penokohan dan alur cerita tidak benar – benar nyata di dalam kehidupan. Dongeng adalah sebuah wujud karya yang cerita di dalamnya tidak benar – benar terjadi / fiktif yang memiliki karakteristik menghibur namun terselip ajaran moral dalam akhir cerita.

Belajar Mengenal Jenis – Jenis Dogeng 
  1. Fabel adalah dongeng yang penokohannya merupakan dunia binatang – binatang yang baik hati berperilaku seperti manusia contohnya adalah dongeng Si Kancil, dongeng Buaya Dan Kerbau, dongeng Kancil Dan Buaya atau dongeng Kancil Mencuri Timun. 
  2. Yang dimaksud dengan sage adalah dongeng yang mengandung unsur sejarah atau kisah – kisah kepahlawanan. Contohnya adalah kisah Jaka Tingkir, Ramayana, atau Si Buta Dari Gua Hantu. 
  3. Yang dimaksud dengan cerita rakyat atau legenda adalah salah satu jenis dongeng yang mengisahkan tentang kejadian – kejadian alam pada suatu tempat. Contohnya adalah legenda Rawa Pening atau legenda Danau Toba. 
  4. Mite/Mitos adalah dongeng yang erat hubungannya dengan aliran kepercayaan dalam sebuah masyarakat di suatu tempat yang membicarakan tentang Dewa – Dewa dan mahluk halus. Contohnya adalah mitos Nyi Roro Kidul atau mitos tentang Wewe Gombel dan Calon Arang dari Pulau Bali. 
  5. Parabel adalah salah satu jenis dongeng yang mengandung nilai – nilai pendidikan. Parabel bisa berupa cerita pendek dan sederhana yang di dalamnya sarat akan nasehat – nasehat untuk pedoman hidup. Contohnya adalah dongeng Si Maling Kundang. 
Mengenal Ciri – Ciri Dongeng 

Mampu menerapkan / menggunakan alur yang sederhana. Cerita di dalamnya singkat namun mampu bergerak cepat. Karakter – karakter tokoh tak diuraikan secara rinci. Gaya penceritaan ada yang ditulis atau diungkapkan secara lisan. Kadang – kadang menyelipkan pesan atau tema moral / mendidik dalam cerita yang dimaksud. Dan yang terakhir adalah pendahuluan berkesan sangat singkat dan langsung. 

Demikian kami mengulas dengan singkat saja tentang postingan kali ini yang berjudul pengertian, jenis, dan ciri – ciri dongeng, semoga bermanfaat ! 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon