Selasa, 27 November 2018

Patung - Patung Unik Nan Eksotik Khas Bali

Pulau Bali sejak dulu terkenal sebagai salah satu destinasi wisata seni terbesar di Indonesia, baik itu dari seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir, dan seni patung. Kesenian yang terbanyak dan sangat mudah dijumpai di Pulau Bali adalah seni patung, terbukti pada masing – masing persimpangan jalan raya utama di Pulau Bali terdapat patung yang berfungsi sebagai penghias taman tampil unik nan eksotik khas Bali, ada yang memiliki ukuran sedang (yaitu seukuran manusia dewasa) dan ada juga yang berukuran raksasa. 


Sekedar berbagi informasi, berikut ini kami berikan nama - nama patung yang termudah anda temui di Pulau Bali. 

1. Patung Makepung, Jembrana 

Jika secara kebetulan anda melintasi jalan raya jurusan ke daerah Gilimanuk - Denpasar, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dengan Kabupaten Tabanan, maka anda akan disambut dengan pajangan sebuah patung khas Bali berupa “balapan kerbau” atau dikenal dengan istilah populer adalah “Makepung”. Dari arah timur, patung ini berlokasi di sebelah kiri jalan raya atau di pinggir Pantai Yeh Leh. Makepung adalah sebuah tradisi yang berlaku di Bali bagian barat (Kabupaten Jembrana) sebagai salah satu wujud rasa syukur atas segala panen para petani setiap tahun yang berlimpah ruah. Tradisi ini masih tetap dipertahankan hingga saat ini melalui pengadaan event Festival Makepung setiap tahunnya. 


2. Patung Kanda Pat Sari, Klungkung 

Patung Kanda Pat Sari ini berada di persimpangan Kota Semarapura, tepatnya tidak jauh dari kawasan wisata Kertagosa, Museum Semarajaya, Lapangan Puputan Klungkung, dan Monumen Puputan Klungkung. Apabila anda akan mengunjungi salah satu dari tempat - tempat wisata terekomendasi tersebut di atas maka anda secara tak langsung juga akan bisa melihat patung tersebut di atas yang berdiri kokoh dan terlihat berusia tua. 

3. Patung Arjuna Dan Kresna, Nusa Dua 

Patung Arjuna dan Kresna ini berlokasi di kawasan ITDC Nusa Dua, tepatnya berada di pusat Pulau Nusa Gede (Peninsula Island). Patung nan eksotik berdiri sederhana di tengah lapangan hijau dengan dikelilingi oleh pepohonan perdu hijau dan rindang serta dikelilingi track untuk para wisatawan melakukan jogging ataupun bersepeda pada waktu pagi atau sore hari. Patung ini berhasil menjadi ikon pariwisata daerah Nusa Dua. Banyak dijumpai objek wisata lain di sekitar patung ini seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Mengiat, dan Water Blow Nusa Dua. 

4. Patung Titi Banda 

Pada tahun 2014, Pemda Kota Madya Denpasar mulai membangun sebuah patung berlokasi di dekat lapangan umum Kapten Japa, bernama Patung Titi Banda. Patung Titi Banda berkisah tentang tokoh Sri Rama beserta anak buahnya yang membangun jembatan Titi Banda di tengah samudera bersama pasukan “wanara (kera)” guna menjemput sang istri yakni Dewi Shinta, yang telah lama menjadi tawanan dari Raja Rahwana di Negeri Alengka. Dari arah timur ( Kabupaten Karangsem dan Kabupaten Klungkung) akan menuju ke kawasan wisata Sanur dan Nusa Dua ataupun Tabanan dan Gilimanuk, anda bisa melihat Patung Titi Banda ini berdiri unik dan menarik di pusat keramaian Kota Denpasar. Tempat ini adalah pertemuan antara Gianyar dari arus utara, Karangasem dan Klungkung dari timur, dan Nusa Dua dari selatan. 

Patung eksotik di pusat kota 

Menurut para wisatawan asing yang pernah berkunjung ke Bali untuk liburan, kerajinan patung batu seperti yang kami sebutkan di atas rata – rata memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan mampu bercerita serta mencerminkan tentang kebudayaan daerah dimana tempat patung – patung tersebut dibuat. 

Mereka merasa tertarik untuk menjadikan patung - patung batu tersebut sebagai souvenir cantik khas Bali. Mereka biasanya membeli benda – benda seni ini di daerah wisata Batubulan Gianyar Bali untuk dijadikan koleksi, hiasan rumah, hiasan taman rumah, bahkan ada beberapa wisatawan yang membangun galery di tempat lain di luar Pulau Bali untuk memamerkan barang – barang seni yang telah ia beli dan kumpulkan dari luar negeri. 

“Bali Stone Carving” banyak memiliki kantor cabang di Indonesia termasuk Pulau Bali, telah mampu memenuhi permintaan pemesanan pelanggan maupun dari turis mancanegara yang kebetulan berkunjung ke seni, hingga para pelancong dari luar pulau. Khusus untuk wisatawan asing yang tidak mempunyai banyak waktu luang untuk datang melihat – lihat koleksi Bali Stone Carving di Bali, mereka bisa memilih melakukan pemesanan terhadap benda – benda seni via e-mail sehingga tidak perlu lagi jauh – jauh berkunjung ke Bali, hanya dengan membuka internet, melihat – lihat foto barang – barang yang akan mereka beli, mereka sudah dapat dengan segera melakukan pemesanan terhadap benda – benda seni pilihannya. 

Baca Juga :
Jadi, jika anda berminat mendapatkan patung – patung unik nan eksotik khas Bali tersebut di atas dalam ukuran mini, Bali Stone Carving mampu menarik minat wisatawan untuk melakukan pembelian dari art shop – art shop mereka di Bali dan Indonesia melalui belanja online ataupun dunia maya. 

Demikian kami menjelaskan dari berbagai sumber berita terkait, semoga bermanfaat dan anda berminat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon