Rabu, 30 Januari 2019

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BENGKOANG

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BENGKOANG - Siapa yang tak kenal dengan bengkoang? Biasanya bengkoang ini sering kita temui pada saat kita membeli rujak. Rasanya yang enak dan manis menjadi pelengkap rujak tersebut. Dibalik kenikmatannya, bengkoang juga memiliki vitamin yang cukup bermanfaat bagi tubuh kita. 



Semakin banyak penelitiannya, kini bengkoang tak hanya dimanfaatkan sebagai buah yang kita makan saja, namun juga bisa sebagai bahan perawatan kulit kita agar lebih cerah. Namun, tahukah kalian mengenai klasifikasi dan morfologi bengkoang? Berikut penjelasannya: 

Klasifikasi 

Klasifikasi Tanaman bengkoang dalam bahasa ilmiah / latinnya disebut sebagai Pachyrhizus erosus. Tanaman ini termasuk dalam Kingdom / Kerajaan Plantae, Sub Kingdom / Sub Kerajaan Viridiplantae¸ Super Division / Super Divisi Embryophyta, Division / Divisi Tracheophyta, Classing / Kelas Magnoliopsida, Sub Classis / Sub Kelas Rosidae, Ordo / Bangsa Fabales, Family / Suku Fabaceae, Genus / Marga Pachyrhizus Rich, dan juga termasuk kedalam Species / Jenis Spesies Pachyrhizus erosus 

Morfologi 

1. Akar 

Bentuk dari akar ini menyerupai buah pir dengan warna putih kecoklatan. Akar ini termasuk dalam serat tunggal keperakan. Ukuran kedalaman akar tersebut 10 hingga 20 cm, atau bahkan lebih. 

2. Batang 

Batang dari tanaman bengkoang ini menjalar dan membelit yang mengarah kebawah. Warna dari batang ini biasanya kehijauan ataupun kecoklatan dengan tunas baru disekitarnya. 

3. Daun 

Daun pada tanaman asal amerika tropis ini berbentuk menyirip dengan ujung yang meruncing dengan panjang tangkai yaitu 8 hingga 17 cm. 

4. Bunga 

Bentuk dari bunga tersebut menyerupai lonceng dengan panjang 60 cm dan tumbuh bergerombol maupun sendiri pada ketiak daun. Warna dari mahkota bunga tersebut adalah putih ungu kebiru-biruan. 

5. Biji 

Biji tanaman tersebut termasuk polong dengan bentuk pipih dan bergaris. Dalam umbi tersebut terdapat 4-9 butir biji. Warna biji tersebut coklat yang disertai dengan serat halus. 

Demikianlah pembahasan mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman bengkuang yaitu bengkoang, semoga kita semua dapat memahaminya, sehingga dapat menambah ilmu serta wawasan mengenai tanaman tersebut. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon