Kamis, 31 Januari 2019

Pengertian Dan Fungsi Hormon Gas Etilen

Pengertian Dan Fungsi Hormon Gas Etilen - Sahabat Biologis pasti pernah mendengar atau mempelajari tentang hormone tumbuhan. Dimana Hormon tumbuhan ada tujuh macam yaitu Hormon Auksin, Hormon Sitokinin, Hormon Giberilin,Asam Absitat, Asam Traumalin,Hormon Kalin, dan terakhir Gas Etilen. Yang saya akan bahas ini adalah Gas Etilen. 


Sejak dahulu penduduk mesir dan cina menggunakan asap dari pembakaran dupa untuk pematangan buah. Karena hal unik itu pada tahun 1901,Dimitry Neljubow, seorang ilmuwan Rusia menunjukkan bahwa senyawa yang menyebabkan pematangan buah tersebut adalah etilen. Pada tahun 1934, R. Gane menjelaskan bahwa senyawa yang merupakan hormone ini ternyata juga disintesis di tumbuhan. 

R.Gane (1934) mengatakan bahwa Hormon Etilen dihasilkan oleh jaringan buah yang sedang matang, buku batang, daun, dan respons bunga yang menua. Hormon etilen yang merupakan senyawa gas ini dihasilkan oleh jaringan buah yang sedang dalam pematangan, pada buku batang, daun,dan sebagai respons bunga yang menua. Jadi dapat disimpulkan bahwa gas etilen hanya didapatkan pada saat organ tumbuhan yang telah mengalami penuaan atau pematangan, Gas etilen juga terdapat di udara. 

Karena kita sudah mengetahui pengertian gas etilen berarti kita sudah pasti mendapat gambaran fungsi gas etilen. Untuk lebih memahami fungsi gas etilen lihat penjabaran di bawah ini : 

1. Mempercepat dalam pematangan buah (Accelerate in fruit ripening) 
2. Menyebabkan pertumbuhan batang menjadi tebal dan kuat (Cause the growth of the stems become thick and strong) 
3. Memacu hormon lain dalam menimbulkan reaksi tertentu (Encourage other hormones to cause certain reactions) 
4. Mendukung terbentuknya bulu-bulu akar (Supports the formation of root feathers) 
5. Induksi sel kelamin betina pada bunga (Induction of female genital cells in flowers) 
6. Merangsang terjadinya pemekaran bunga 
7. Mengakhiri masa dormansi (Ending the dormancy) 
8. Pembentukan akar adventif (The formation of an adventitious root) 

Oleh karena itu gas etilen sangat bermanfaat dalam proses pematangan buah secara cepat. Untuk membuktikan gas etilen dapat mempercepat pematangan buah cobalah simpan satu buah pisang yang matang (lebih matang lebih bagus lagi) dengan satu buah apel dalam satu wadah dan amati selama seminggu dengan mencatat proses buah apel tersebut setiap hari. Jika ada perubahan komentar di artikel ini. Selamat mencoba

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon