Minggu, 14 Oktober 2018

Pengertian, Bagian Dan Fungsi Mikroskop

Pengertian, bagian, dan fungsi Mikroskop akan kami jelaskan secara ringkas pada pembahasan dari artikel kami tersebut di bawah ini. 



Pengertian Dari Mikroskop 

Suku kata Mikroskop berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘micro’ artinya kecil sedangkan ‘scopein’ artinya melihat. 

Secara keseluruhan, Mikroskop mengandung arti sebagai sebuah alat bantu untuk melihat dan mengamati objek yang berukuran sangat kecil sehingga masing – masing objek terlihat lebih besar dan jelas. 

Bagian – Bagian Dari Mikroskop 
  1. Bagian Mekanik 
  2. Bagian Optik 
Sedangkan Mikroskop Modern disusun atau terdiri dari bagian – bagian yaitu minimal 2 buah lensa : 
  1. Lensa Objek 
  2. Lensa Okuler 
Ukuran perbesaran dari sebuah objek yang dihasilkan oleh sebuah Mikroskop Modern adalah mampu mencapai ukuran rata – rata 1.250 kali lebih besar. 

Belakangan ini Mikroskop sudah sering diaplikasikan di sekolah – sekolah yaitu mulai dari SMP hingga di bangku kuliah mengaplikasikan dari jenis Mikroskop Monokuler atau Mikroskop Cahaya dari Bahasa Latin yang mengandung makna ‘mono’ artinya satu sedangkan ‘oculus’ artinya mata. Jadi maksudnya adalah Mikroskop yang diaplikasikan hanya dengan menggunakan satu mata sehingga bayangan yang tertangkap hanya sebatas panjang dan lebar dari masing – masing benda yang diamati. 

Mengenal Fungsi Dari Mikroskop 

Secara garis besar Mikroskop mempunyai 2 fungsi utama adalah sebagai berikut : 
  • Fungsi Utama 
Fungsi utama dari Mikroskop adalah untuk bisa melihat dan mengamati objek - objek dari benda yang memiliki bentuk dan ukuran super kecil yang sudah tidak bisa dilihat samasekali dengan mata telanjang atau secara langsung. 
  • Fungsi Lainnya 
Fungsi kedua dari Mikroskop adalah menyerupai fungsi utama yaitu terdapat perbedaan – perbedaan kecil tergantung dari jenis – jenis Mikroskop yang anda aplikasikan dengan tujuan bisa mengamati lebih rinci dari sebuah objek yang kasat mata. 

Baca Juga :
Sebagai bahan informasi tambahan, dikenal beberapa jenis Mikroskop yang umum diaplikasikan yaitu Mikroskop Cahaya (dilengkapi dengan 3 lensa yaitu lensa lemah, sedang dan kuat), dan Mikroskop Elektron (terdiri dari 2 jenis yaitu Mikroskop Transmisi Elektron dan Mikroskop Elektron Scanning). 

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon