Senin, 08 Oktober 2018

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pankreas

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pankreas - Pankreas merupakan salah satu organ dalam yang memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan. Pankreas adalah kelenjar besar dengan panjang sekitar 15 cm pada orang dewasa. 

Letaknya ada di perut bagian kiri atas. Secara umum, fungsi pankreas adalah untuk memproduksi hormon dan enzim yang diperlukan untuk membantu mencerna makanan. 

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pankreas
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pankreas
Pankreas memiliki dua jenis fungsi pankreas, yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin:

Fungsi Eksokrin 


Sebagai kelenjar eksokrin, pankreas memiliki fungsi untuk menghasilkan enzim (getah pankreas) yang diperlukan untuk sistem pencernaan tubuh. Berikut adalah enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas: 
  • Enzim lipase 
Lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, serta mengatur simpanan lemak dalam tubuh agak tidak terlalu berlebihan. 
  • Enzim tripsin 
Tripsin dan kemotripsin berfungsi untuk mencerna protein, dan dapat memecah pepton menjadi asam amino. 
  • Enzim amilase 
Amilase berfungsi untuk memecah gula dalam makanan. Disakarida perlu dipecah menjadi dua monosakarida karena tubuh hanya dapat menyerap gula dalam bentuk monosakarida. 
  • NaCHO3 
NaCHO3 merupakan cairan yang bersifat basa. Cairan ini berfungsi untuk menetralkan sifat asam makanan yang keluar dari lambung akibat adanya asam lambung. 

Hal ini diperlukan karena makanan yang akan masuk ke dalam usus tidak boleh bersifat asam karena dapat melukai dinding usus. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Vitamin

Fungsi Endokrin 


Sebagai kelenjar endokrin, pankreas memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang diperlukan oleh tubuh. Kelenjar penghasil hormon dalam pankreas disebut juga dengan pulau Langerhans. Ada empat jenis sel yang masing-masing menghasilkan hormon yang berbeda, sebagai berikut: 
  • Sel alfa pankreas 
Sel alfa pankreas berfungsi untuk menghasilkan hormon glukagon. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah dan memecah cadangan gula dalam hati untuk dialirkan melalui darah. 
  • Sel beta pankreas 
Sel beta pankreas berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin. Insulin memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah apabila kadar gula darah berlebihan, dan menyimpan kelebihan tersebut di hati. 
  • Sel gamma pankreas 
Sel gamma pankreas berfungsi untuk menghasilkan polipeptida pankreas yang dapat memperlambat penyerapan makanan. 
  • Sel delta pankreas 
Sel delta pankreas berfungsi untuk menghasilkan somatostatin. Somatostatin berperan untuk menghambat sekresi insulin dan menghambat terbentuknya polipeptida pankreas. 


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon