Minggu, 20 Oktober 2019

Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Artikel Blog WordPress


Cara Membuat Daftar Isi - Ketika anda mulai menekuni sebuah blog dan secara rutin banyak membuat sebuah konten dalam bentuk postingan, tentunya sulit bagi para pengunjung untuk dapat membaca semua postingan yang anda buat tanpa terdapat daftar isi yang berisi judul konten yang anda posting. 


Hal ini akan menyulitkan para pengunjung dan mereka cenderung malas mencari informasi di dalam blog anda tersebut. 

Dengan menggunakan daftar isi, ini akan memudahkan para pengunjung mendapatkan informasi mengenai konten yang anda posting. Cara membuat daftar isi dalam blog wordpress anda adalah: 
  • Pertama anda mengakses dashboard wordpress yang anda miliki, lalu install plugin. Dalam plugin anda bisa menggunakan table of content untuk membuat daftar isi. Instal dan aktifkan plugin tersebut. 
  • Setelah plugin sudah diaktifkan, kita perlu mengatur tata letak dari daftar isi yang kaan kita tampilkan pada blog wordpress. Masuk ke dalam menu setting, lalu pilih TOC+, setelah itu pada menu Main option anda bisa mengatur posisi letak daftar isi yang anda inginkan, apakah dibagian atas, bawah dan sebagainya. Disini anda bisa bebas mengatur banyak hal perihal daftar isi, mulai dari nama atau teks pada bagian heading, atau apakah anda ingin memberikan nomor angka pada daftar isi dan lainnya. Disini juga anda dapat mengatur ukuran dari daftar isi seperti lebar yang ingin anda tampilkan, font daftar isi tersebut, warnanya dll. 
  • Penambahan daftar isi juga dapat anda tambahkan melalui menu widget, masuk ke menu Appereance pilih widgets lalu pilih widget TOC+. Anda juga bisa mengatur untuk memunculkan daftar isi pada bagian sidebar saja. 
  • Bila anda juga menginginkan untuk daftar isi tidak tampil di suatu content tertentu, anda bisa menambahkan sedikit kode [no_toc]. Cara ini sebenarnya akan memakan waktu yang cukup banyak, terutama bila anda telah memiliki banyak konten dalam blog anda. Anda dapat mensiasatinya dengan tidak mencentang bagian otomotis penambahan daftar isi ini yaitu ‘auto insert for the following conten types’.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 comments


EmoticonEmoticon