Sabtu, 03 Agustus 2019

Pengertian Struktur Atom Berdasarkan Pandangan Para Ahli

Pengertian Struktur Atom Berdasarkan Pandangan Para Ahli - Pengertian struktur atom dijelaskan melalui penelitian para ahli seperti John Dalton, J.J. Thompson, Ernest Rutherford, dan Niels Bohr. 



1. John Dalton 

John Dalton merupakan fisikawan Inggris yang mengemukakan teori atom pada tahun 1808. Teori ini disebut dengan teori atom Dalton. Ia menuturkan bahwa atom merupakan struktur terkecil sebuah materi sehingga tidak dapat dibagi lagi. Dalton juga menjelaskan bahwa atom juga mendapatkan reaksi kimia sehingga terjadinya penggabungan dengan atom lainnya tanpa terpecahnya atom tersebut. 

2. J.J. Thompson 

J.J Thompson melakukan penelitian tentang atom pada tahun 1903 sehingga menyimpulkan bahwa atom memiliki muatan negatif yang menyebar pada atom tersebut. 

3. Ernest Rutherford 

Ernest Rutherford mengadakan penelitian tentang atom di tahun 1911. Bersama dua orang muridnya, Ia mencoba melakukan percobaan dengan menembakkan atom dengan sinar alpha. Percobaan tersebut menyimpulkan bahwa atom mempunyai dua muatan yaitu negatif dan positif. Lebih lagi, Rutherford menyebutkan bahwa atom memiliki inti 

4. Niels Bohr 

Penelitian tentang atom masih berlanjut hingga Niels Bohr menyempurnakan teori atom. Niels Bohr menjelaskan bahwa atom memiliki lintasan sehingga elektron melintasi inti atom dengan lintasan tersebut. Selain itu, Bohr menyebutkan bahwa energi atom besrifat tetap apabila atom tersebut melintas pada lintasannya sendiri. Perpindahan energi atom dapat dihitung menggunakan persamaan Planc. 

Struktur Atom 

Struktur atom diulik dari penjelasan tentang pengertian struktur atom itu sendiri. Struktur atom meliputi partikel atom, nomor atom dan nomor massa atom, perangkat nomor atom, konfigurasi atom, dan elektron valensi. 

1. Partikel atom 

Berdasarkan pengertian struktur atom, partikel atom terdiri atas proton, elektron, neutron, dan inti atom. 

2. Nomor atom dan nomor massa atom 

Nomor atom diartikan dengan jumlah proton. Sedangkan nomor massa atom merupakan jumlah neutron dan proton (nukleon) pada inti atom. 

3. Perangkat nomor atom 

Terdiri atas isotop, isobar, dan isoton. Isotop adalah atom yang memiliki jumlah proton yang sama dengan nomor massa yang berbeda. Isobar merupakan unsur atom berbeda namun memiliki nomor massa yang sama. Sedangkan isoton memiliki nomor atom yang berbeda dengan jumlah neutron yang sama. 

4. Konfigurasi atom dan elektron valensi 

Konfigurasi elektron merupakan penyebaran elektron atom. Sedangkan elektron valensi adalah elektron yang terdapat pada bagian terluar atom. 

Nah, itulah ulasaan mengenai pengertian struktur atom berdasarkan pendapat para ahli dan struktur atom itu sendiri.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

2 comments

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq^^com...
segera di add Whatshapp : +855969190856


EmoticonEmoticon