Rabu, 31 Juli 2019

Definisi Modal Sosial Menurut Para Ahli

Definisi Modal Sosial Menurut Para Ahli - Pengertian Modal sosial adalah suatu sumber daya yang masyarakat miliki dalam bentuk nilai-nilai atau norma-norma yang dapat memfasilitasi dan bersifat membangun kerja sama dengan melalui interaksi yang kondusif dan juga harmonis. 



Modal sosial ini sangat penting untuk masyarakat karena bisa memberikan kekuatan atau daya dalam beberapa kondisi social di masyarakat. 

Menurut Para Ahli 

Setelah kita mengetahui secara singkat apa itu modal social, sekarang kita akan mengetahui definisi modal social menurut para ahli.
  • Menurut Coleman (1999) : modal sosial adalah suatu kemampuan yang ada di masyarakat (kelompok atau organisasi) untuk bekerja sama demi tercapainya suatu tujuan bersama. 
  • Menurut Burt (1992) : Modal sosial adalah kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat untuk berhubungan antara satu dengan yang lainnya, yang pada akhirnya akan menjadi kekuatan penting baik untuk ekonomi atau aspek sosial lainnya. 
  • Menurut Prusak L (Field, 2010 : 26) : Modal sosial adalah hubungan yang didasari dengan adanya kepercayaan, saling pengertian, dan juga nilai-nilai bersama. Ketiga komponen tersebut akan mengikat anggota-anggota kelompok untuik membuat aksi bersama dengan efisien dan juga efektif. 
  • Menurut Hasbullah (2006) : Modal sosial merupakan sumber daya virtual atau aktual yang berkembang baik pada kelompok individu atau individu itu sendiri yang memiliki kemampuan untuk memiliki suatu jaringan yang bisa bertahan lama berdasarkan pengetahuan. 
  • Menurut Partha dan Ismail (2009) : Modal sosial adalah hubungan-hubungan dan juga norma-norma yang tercipta dan membentuk kualitas juga kuantitas hubungan sosial pada masyarakat dalam cakupan yang luas. Yaitu sebagai perekat agar anggota kelompok tetap bersatu. 
  • Ife dan Tesoriero (2008 : 35) : Modal sosial adalah suatu perekat yang dapat menyatukan hubungan-hubungan antar manusia, menyatukan masyarakat, seseorang yang melakukan sesuatu bersama sesamanya karena adanya suatu hubungan sosial, komunitas atau kelompok, timbal balik, dan solidaritas sosial. 
  • Putnam dalam Syahyuti (2008 : 33) : Ia menyatakan bahwa modal sosial yaitu kepercayaan, jaringan, dan civil society adalah sesuatu yang lahir dari adanya modal sosial, dan bukan dari modal sosial itu sendiri.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon