Senin, 03 Desember 2018

Pengertian, Tujuan dan Konsep Pendidikan Islam

Pengertian, Tujuan dan Konsep Pendidikan Islam - Pengertian dari kata pendidikan adalah sebuah usaha pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui proses pembelajaran. 


Namun kali ini yang akan dibahas adalah pendidikan islam. Beberapa ahli memiliki pendapatnya sendiri mengenai definisi pendidikan islam. Berikut adalah uraiannya : 

1. Asy-Syaibany (1979) 

Menurut Asy-Syaibany pengertian pendidikan islam adalah uatu bentuk proses belajar yang pada intinya mampu mengerak atau mengubah tingkah laku setiap individu, masyarakat, dan alam yang ada sekitarnya, dengan metode pengajaran sebagai aktivitas asasi dan juga dipergunakan sebagai profesi. 

2. Dr. Muhammad S A Ibrahimy 

Menurut beliau pengertian pendidikan islam adalah sistem atau metode pendidikan yang dilakukan untuk mendorong seseorang agar dapat mengarahkan lengkah kehidupan yang dijalani, sehingga sesuai dengan cita-cita islam dan ajaran islam. 

3. Abuddin Nata 

Menurut Abuddin Nata pengertian pendidikan Islam adalah suatu bentuk bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh tenaga pendidik, sehingga mengajarkan pengatahuan yang sehat, baik jasmani dan rohani sesuai dengan ajaran dalam Islam. 
Tujuan Pendidikan Islam 

Pendidikan islam pada mulanya diajarkan oleh Para nabi dan Rasul dengan tujuan untuk membina kaum muslim menjadi pribadi yang memiliki jiwa yang kuat dan dipersiapkan untuk menjadi masyarakat islam, Mubaligh dan pendidik yang baik. 

Setelah era kenabian berakhir pendidikan islam memiliki beberapa tujuan sebagai berikut : 

1. Mewujudkan manusia yang memiliki kepribadian Islam 

2. Melatih serta membimbing peserta didik agar menguasai Tsaqofah 

3. Melatih serta membimbing peserta didik agar menguasai ilmu kehidupan; Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) 

4. Melatih serta membimbing peserta didik agar memiliki keterampilan yang memadai 

Adapun pendapat dari Hasan Langgulung mengenai pendidikan Islam. Menurutnya tujuan-tujuan pendidikan islam harus mampu mengakomodasikan tiga fungsi utama dari agama, yakni : 
  • Fungsi Spiritual : fungsi yang berkaitan dengan akidah dan iman 
  • Fungsi Psikologis : fungsi ini berkaitan dengan tingkah laku individual, termasuk nilai-nilai akhlak yang mengangkat derajat manusia ke derajat yang lebih sempurna 
  • Fungsi Sosial : fungsi ini berkaitan dengan aturan-aturan yang menjadi penghubung satu individu dengan individu lain dalam bermasyarakat. 
Tiga hal diatas menegaskan tujuan pendidikan islam harus berpijak pada nilai-nilai Islam itu sendiri. 
Konsep Pendidikan Islam 

Pengertian konsep sendiri adalah ide umum yang tersusun rapih untuk diterapkan secara terencana dalam kehidupan nyata. Untuk mencapai satu tujuan, konsep-konsep ini harus saling berkaitan antara satu dengan yang lain. 

Berikut ini adalah 3 konsep pendidikan islam beserta penjelasannya : 

1. Tarbiyah : proses yang terkait dengan aktivitas yang bersifat fisik (jasmani) yaitu memberi makan anak supaya dapat tumbuh, memelihara dan mengasuh anak. Konsep ini mengacu pada segala sesutau yang dapat tumbuh. 

2. Ta’lim : proses penanaman pengetahuan, pemahaman, pengertian tanggung jawab dan amanah, sehingga terjadi pembersihan diri dari segala kotoran dan menjadikan diri seseorang dalam kondisi yang siap untuk menerima hikmah serta mempelajari hal-hal yang belum diketahuinya serta berguna bagi dirinya. 

3. Ta’dib : proses penanaman dan penyemaian adab ke dalam diri seseorang.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon