Selasa, 25 Desember 2018

Pengertian, Tugas dan Wewenang bank Sentral

Pengertian, Tugas dan Wewenang Bank Sentral - Pengertian Bank Sentral adalah sebuah lembaga keuangan yang dikelola dan dimiliki oleh pemerintah, memiliki fungsi utama yaitu memberi jaminan agar kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh lembaga atau badan keuangan tersebut mampu menciptakan kondisi ekonomi dalam tingkat yang cukup stabil dan tinggi. 


Menurut UU RI no. 3 tahun 2004 tentang perubahan atas UU RI no 3 tahun 1999, Bank Indonesia adalah sebuah lembaga negara yang bersifat mandiri di dalam menjalankan tugas – tugas dan wewenangnya, tidak mendapatkan pengaruh dari pemerintah serta pihak – pihak lainnya terkait, kecuali yang berhubungan dengan hal – hal secara tegas diatur pada undang – undang. 

Tugas – Tugas Bank Indonesia 

Ditetapkannya Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah bertujuan untuk mencapai, memelihara dan menjaga kestabilan nilai rupiah dalam peredarannya. 

Dimana untuk mampu melakukan hal – hal terkait yang dimaksud, Bank Indonesia mulai melakukan kebijakan – kebijakan moneter secara konsisten dan berkesinambungan, transparan serta mempertimbangkan kebijakan – kebijakan umum dari pemerintah khususnya pada bidang perekonomian. 

Guna melakukan pencapaian dari tujuan – tujuan yang dimaksud, maka Bank Indonesia dibebani sejumlah tugas – tugas Bank Indonesia, adalah sebagai berikut : 
  1. Melakukan penetapan dan melaksanakan kebijakan moneter. 
  2. Turut serta mengatur dan menjaga terhadap kelancaran dari sistem pembayaran. 
Wewenang Bank Indonesia 

Bank Indonesia mempunyai beberapa wewenang dalam upaya menetapkan lalu melaksanakan kebijakan – kebijakan moneter. 

1. Target – target ‘moneter’ ditetapkan dengan tak lupa memperhatikan sasaran laju ‘inflasi’. 

2. Pengontrolan moneter dilakukan melalui cara – cara yang termasuk ke dalam hal – hal dimaksud tanpa terbatas pada sebagai berikut : 
  • Operasi pasar terbuka ditujukan kepada pasar uang baik itu terhadap rupiah ataupun valuta asing. 
  • Menetapkan tingkat diskonto. 
  • Menetapkan pencadangan wajib minimum. 
  • Melakukan pengaturan secara kredit atau melalui pembiayaan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon