Jumat, 22 Maret 2019

Pengertian dan Fungsi Inti Sel (Nukleus)

Pengertian dan Fungsi Inti Sel (Nukleus) - Inti sel (nukleus) merupakan organel yang terdapat di dalam sel eukariotik. Inti sel mengandung materi genetik seperti DNA, kromosom dan berbagai jenis protein. 


Umumnya, sel hanya memiliki satu sel inti (nukleus) saja kecuali sel otot jantung dan sel parenkim hati. Di samping itu, beberapa sel seperti sel trombosit dan sel eritrosit tidak memiliki inti sel (nukleus) sama sekali. 

Inti sel (nukleus) memiliki tiga bagian utama, diantaranya: 

1. Membran Inti 

Membran inti berperan sebagai pengatur proses pertukaran antara zat di dalam dan di luar inti sel. Membran inti menjadi pemisah antara inti sel dengan sitoplasma sel. Membran inti memiliki tiga lapisan yaitu membran luar, ruang perinuklear, dan membran dalam. Tak hanya itu, membran inti juga memiliki pori nukleus yang berfungsi sebagai pintu masuk keluarnya RNA dan protein. 

2. Nukleoplasma 

Nukleoplasma memiliki beberapa komponen penting seperti benang kromatin, granula, nukleoprotein, dan senyawa kimia kompleks. Nukleoplasma berbentuk cairan transparan dan kental yang memiliki fungsi hampir sama dengan sitoplasma. 

3. Nukleolus (Anak Inti) 

Nukleolus tersusun atas fosfoprotein, orthosfat, DNA, dan beberapa jenis enzim. Nukleolus berfungsi mensintesis rRNA dan membuat ribosom. Berbeda dengan bagian lainnya, nukleolus tidak memiliki struktur yang tetap. Setelah tugasnya selesai, nukleolus dapat menghilang atau mengecil. 

Nukleus memiliki fungsi utama untuk menduplikasi DNA dan mengontrol ekspresi gen di dalam sel. Nukleus pada hewan dan tumbuhan memiliki fungsi yang hampir sama karena keduanya termasuk sel eukarotik. Berikut fungsi nukleus secara lebih terperinci: 

1. Pengolah Pra-mRNA 

Transkrip primer mengalami modifikasi pasca-transkripsi di dalam nukleus sebelum diekspor ke sitoplasma. Modifikasi pasca-transkripsi melibatkan berbagai proses biologis yang sangat diperlukan sebelum memulai penerjemahan. Selanjutnya, pra-mRNA dihubungkan ke partikel heterogen ribonucleoprotein (berbagai macam protein pada kompleks). 

2. Pengelompokkan dalam Sel 

Untuk mengontrol kinerja membran inti, diperlukan selubung nuklir yang berfungsi sebagai kompartementalisasi sel. Isi inti harus dipisahkan dari sitoplasma untuk mempertahankan identitas inti. Sel akan memisahkan beberapa faktor transkripsi dan protein yang mempunyai tanggung jawab dalam mengatur ekspresi gen dari akses ke DNA hingga diaktifkan. Selain itu, lapisan inti juga akan memisahkan proses inti dari proses sitoplasma dan mencegah terjemahan mRNA yang tak tersambung (unspliced) sebagai hasil dari proses penyambungan mRNA. 

3. Ekspresi Gen 

Ekpresi gen yang terjadi di nukleus dilakukan melalui transkripsi DNA. Berbagai macam protein yang terdapat di nukleus ikut terlibat dalam mensintesis molekul RNA tumbuh, pembalikan DNA, super melingkar DNA, dan berakhir pada proses transkripsi sebenarnya. Protein lain yang membantu proses transkripsi diantaranya topoisomerase, helikase, RNA pol, dan faktor transkripsi. 

4. Media Penyimpanan Informasi Genetik 

Nukleus memiliki membran inti yang berfungsi mempertahankan DNA. Rangkaian DNA terdiri dari gen-gen yang mewakili tiap spesies sehingga rangkainannya sangat rumit. 

5. Tempat Replikasi dan Transkripsi DNA 

Replikasi DNA dilakukan pada fase G1 (selama siklus sel) di dalam nukleus. Setelah itu, sel akan mengalami proses mitosis. Nukleus juga berfungsi sebagai tempat terjadinya penerjemahan kode-kode yang terdapat pada rantai DNA menjadi RNA muda atau RNA primer. Fungsi tersebut juga fungsi transkripsi DNA. Proses tersebut merupakan rangkaian ekspresi genetik. 

6. Pengatur Siklus Sel 

Semua jenis sel secara umum memiliki fungsi siklus sel sejak menentukan kapan sel tidak perlu membelah, kapan sel harus membelah, hingga kapan sel hanya perlu membersar saja. 

7. Mengendalikan Metabolisme Selular 

Setiap gen yang dihasilkan melalui cetakan DNA akan menjadi protein. Protein tersebut selanjutnya akan berubah menjadi enzim yang memiliki peran dalam metabolisme individu (multiselular) atau metabolisme sel.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon