Minggu, 03 Maret 2019

Jenis, Fungsi Dan Tujuan Analisis

Jenis, Fungsi Dan Tujuan Analisis - Pengertian analisis sistem adalah sebuah penjabaran terhadap suatu sistem dalam kondisi utuh ke berbagai bagian komponen masing – masing dengan memiliki tujuan agar bisa melakukan ‘identifikasi’ dan ‘evaluasi’ mengenai masalah – masalah atau hambatan yang muncul pada sistem bersangkutan sehingga diharapkan mampu melakukan perbaikan dan pengembangan. 



Jenis analisis sistem terdiri dari orang atau kelompok yang akan melakukan perbaikan – perbaikan atau perancangan terhadap sistem yang disebut dengan istilah sistem analisis. Sistem analisis yang dimaksud adalah terhadap orang atau kelompok yang akan melakukan pengembangan sistem. Mencakup hal – hal untuk menekuni permasalahan maupun keperluan terhadap suatu sistem dimana di dalamnya terdapat orang – orang yang akan bertanggung jawab atas terjadinya sebuah proses analisa maupun perancangan terhadap sistem informasi. 

Fungsi Dari Sistem Analisis 

Sistem analisa memiliki beberapa fungsi analisis antara lain : 
  1. Bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi beragam permasalahan dari si pemakai. 
  2. Dapat digunakan untuk menentukan secara akurat tentang tujuan – tujuan yang wajib dipenuhi agar bisa melakukan pemenuhan terhadap kebutuhan si pengguna. 
  3. Dapat dimanfaatkan untuk memilih metode – metode alternatif untuk melakukan pemecahan masalah terhadap sebuah sistem. 
  4. Bisa difungsikan untuk merencanakan ataupun menerapkan rancangan – rancangan terhadap sistem disesuaikan dengan apa yang dimaksudkan oleh si pengguna. 
Tujuan Analisis Sistem Informasi 

Adapun tujuan analisis sistem informasi terkait dengan pengertian dan jenis – jenis analisis sistem informasi tersebut di atas adalah untuk dapat merancang sebuah sistem baru atau melakukan beberapa penyempurnaan terhadap sebuah sistem yang sudah diaplikasikan sebelumnya. 

Berikut ini kami berikan tujuan analisis keuangan terhadap analisis sistem informasi antara lain sebagai berikut : 
  1. Menciptakan / membuat sebuah keputusan jika sistem saat ini yang sudah diaplikasikan sedang bermasalah atau tidak berfungsi sesuai atauran sehingga hasil analisisnya dapat digunakan sebagai dasar guna memperbaiki sistem yang sudah ada ataupun sistem selanjutnya. 
  2. Untuk mengetahui tentang ruang lingkup pekerjaan yang akan ditandatangani sebagai sebuah persetujuan. 
  3. Untuk dapat melakukan identifikasi terhadap masalah dan mencari solusinya. 
  4. Guna memahami sistem yang sedang berjalan atau dioperasikan saat ini. 
Demikianlah artikel ini kami persiapkan mengenai jenis, fungsi, dan tujuan analisis, semoga bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang analisis sistem. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon