Kamis, 18 Oktober 2018

Pengertian, Jenis Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Pengertian, Jenis Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi  - Sistem reproduksi adalah rangkaian organ manusia yang digunakan untuk berkembang biak. Manusia perlu untuk menghasilkan keturunan agar tidak punah. Sebagai bagian dari organ tubuh manusia, sistem reproduksi dapat mengalami gangguan atau penyakit. 

Pengertian, Jenis Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi
Pengertian, Jenis Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi
Berikut adalah jenis gangguan dan penyakit yang bisa mengganggu sistem reproduksi manusia: 
Sifilis 

Baca Juga :
Merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidium. Tanda penyakit ini adalah adanya luka atau ruam pada alat kelamin, dan jika sudah parah bisa ada bercak-bercak di seluruh tubuh. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak. Penularannya yaitu dengan kontak seksual atau pada bayi dari ibu yang menderita sifilis. 

Kanker Serviks 

Merupakan kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim yang disebabkan oleh Human Papilloma virus. Penyakit ini menyerang wanita. Penyakit ini bukanlah penyakit yang menular. Saat sudah memasuki stadium lebih jauh, bisa terjadi pendarahan pada vagina. 

Gonorrhea/gonore 

Merupakan penyakit kencing nanah yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Gejala pada penderita yaitu munculnya nanah yang keluar bersama dengan kencing, rasa panas, dan sakit saat kencing. Penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan apabila tidak ditangani. 

Endometriosis 

Merupakan penyakit yang menyebabkan adanya jaringan endometrium di luar uterus yaitu di wilayah sekitar ovarium, oviduk, atau jauh di luar rahim. Gejala dari penyakit ini yaitu rasa sakit yang berlebihan pada saat menstruasi. Penyakit ini dapat menyebabkan susah kehamilan. Penanganannya yaitu dengan obat-obatan atau bedah. 

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) 

Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan dapat terjadi baik pada pria maupun pada wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immuno Deficiency Virus). Virus HIV menyerang sel darah putih yang berperan penting untuk kekebalan tubuh. Penularan penyakit ini karena adanya hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang sama, keturunan, atau transfusi darah. 

Herpes Genitalis 

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes pada alat kelamin. Gejala penyakit ini yaitu adanya rasa gatal dan sakit di sekitar alat kelamin. 

Impotensi 

Impotensi merupakan gangguan pada laki-laki yang mengakibatkan penis tidak dapat ereksi. Gangguan ini disebabkan karena faktor hormonal, psikologis, atau emosional. 

Baca Juga :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon