Selasa, 21 Mei 2019

MANFAAT BUAH CEMPEDAK

MANFAAT BUAH CEMPEDAK - Buah cempedak merupakan buah dengan aroma yang kuat dan sekilas tampilannya mirip dengan buah nangka. Buah cempedak mempunyai duri kecil berwarna hijau dan bagian daging buah yang berwarna kuning. 



Buah cempedak rasanya manis dan mengandung banyak nutrisi, seperti : vitamin A, vitamin C, enzim, bioflavanoid, dan ascobic acid. Namun, buah cempedak juga tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak karena kandungan ascobic acid pada buah ini dapat menimbulkan maag kronis. 

Dibawah ini adalah sejumlah manfaat yang terdapat pada buah cimpedak, buah khas Asia Tenggara sebagai berikut : 

1. Pelangsing tubuh 

Kandungan nutrisi dalam buah cempedak memberikan rasa kenyang yang sekaligus dapat membentuk tubuh. Hal ini menjadikan buah cempedak cocok untuk mereka yang inging menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Selain itu, buah ini juga memberikan asupan air bagi tubuh, mengandung berbagai zat bergizi, seperti : protein, kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dll. 

2. Merendahkan kolestrol darah 

Mengkonsumsi buah cempedak dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Ini disebabkan kandungan vitamin C dalam buah cempedak yang berfungsi untuk mencegah agar kolestrol jahat dalam darah tindak mengalir dan membantu kolestrol baik dalam darah mengalir secara lancar. Kolestrol jahat dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti penyakit yang berkaitan dengan jantung. Untuk itu, mengkonsumsi buah cempedak dapat merendahkan kolestrol darah. 

3. Menyehatkan mata 

Buah cempedak mengandung vitamin A yang dapat menambah kesehatan pada mata, khususnya bagian kornea mata. Vitamin A dalam buah cempedak akan membantu mengatasi permasalahan mata cepat lelah karena terbiasa menatap layar ponsel / komputer dan mencegah resiko terjadinya mata minus. 

4. Melancarkan pencernaan 

Buah cempedak mengandung banyak serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membuat organ-organ pencernaan berfungsi lebih baik. Kandungan vitamin C dalam buah cempedak juga dapat mencegah sembelit dan susah buang air besar. Disamping itu, buah cempedak yang memiliki rasa manis dapat mengganti fungsi dari obat pencahar atau pelancar pencernaan yang dijual di pasaran. 

5. Memperkuat tulang dan gigi 

Kesehatan tulang dan gigi semakin menurun seiring berjalannya usia, untuk itu tulang dan gigi membutuhkan perawatan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan kalium serta fosfor dalam buah cempedak berfungsi untuk memperkuat tulang serta gigi. 

6. Menjaga daya tahan tubuh 

Buah cempedak mengandung senyawa bioflavanoid yang mampu mengusir radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengambil sel-sel sehat dalam tubuh. Selain itu, kandungan gizi di dalam buah cempedak mampu mengusir parasit, seperti virus dan bakteri yang dapat menurunkan daya tahan tubuh serta menyebabkan timbulnya penyakit. 

7. Menghambat sel-sel tumor 

Para ahli mengatakan bahwa buah cempedak dapat membantu mengobati tumor. Hal ini karena buah cempedak mengandung senyawa artioindonesianidin yang berfungsi untuk mematikan dan menghambat pertumbuhan sel-sel tumor. Selain itu, kandungan bioflavanoid juga kemungkinan besar mampu meredakan tumor. 

8. Mengobati penyakit malaria 

Untuk mengobati penyakit malaria, disarankan agar mengkonsumsi buah cempedak dalam bentuk tidak diolah / mentah. Kandungan bioflavanodi dan enzim serta berbagai vitamin dalam buah ini berperan untuk menyembuhkan penyakit malaria. Disamping itu, senyawa heteriflavon C membantu mengusir parasit penyebab malaria. 

9. Berperan sebagai antioksidan alami 

Buah cimpedak dapat berperan sebagai antioksidan alami untuk mengobati demam, penyakit kulit, diare, serta asma. Selain itu, peranan buah cimpedak sebagai antioksidan alami juga dapat mencegah dan mengatasi timbulnya kerutan-kerutan yang tidak diinginkan, sehingga membuat seseorang terlihat lebih tua daripada usianya. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon