Senin, 29 April 2019

Minuman India Dengan Rasa Yang Tidak Biasa

Minuman India Dengan Rasa Yang Tidak Biasa - Mengenal kebudayaan sebuah negara maka anda tak akan bisa lepas dengan kuliner setempat yang umumnya adalah khas dan unik mencerminkan kondisi warga setempat yang tepat dijadikan sebagai objek wisata kuliner. Ada jajanan, masakan berempah, juga minuman yang bisa anda eksplorasi untuk mengenal sebuah kebudayaan menjadi lebih dekat. Tentu saja anda terlebih dahulu harus tertarik dengan kebudayaan India, selain bisa mendapatkan melalui menonton serial televisi, anda juga bisa berkenalan dengan kuliner India melalui kunjungan wisata ke hotel berbintang atau restoran – restoran yang khusus menyediakan masakan khas India. 



Nah, sebelum nanti membahas tentang makanan khas India, Nyoozee.com akan mengajak anda berkenalan dengan menu - menu minuman India yang saat ini semakin populer di mancanegara. 

Kebanyakan makanan maupun minuman ala orang India dibuat mengandung rempah - rempah dan susu. Pemakaian rempah - rempah ini terkait dengan iklim India yang cukup panas pada waktu siang hari dan dingin sekali pada waktu malam, jugatelah membudaya turun – temurun sejak jaman dulu. Udara yang panas pada umumnya akan membuat makanan menjadi cepat rusak. 


Nah, penambahan rempah - rempah ke dalam menu minuman yang mereka konsumsi setiap hari akan membuat makanan menjadi lebih awet. Rempah - rempah ini terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan membantu orang yang mengkonsumsinya merasa lebih sejuk. 

Makanan dan minuman khas India banyak mencampurkan bahan pelezat dari susu. Ini disebabkan oleh banyaknya jumlah peternakan sapi di negara India. Sapi merupakan hewan yang dianggap suci oleh penganut agama Hindhu, agama mayoritas di India dimana agama ini melarang penganutnya untuk membunuh dan memakan daging sapi. Meskipun demikian, mengonsumsi produk olahan susu tidaklah bermasalah bagi umat Hindhu. Maka dari itu susu dan olahannya, seperti keju dan yogurt dimanfaatkan dalam menu makanan dan minuman India sebagai bahan pelezat. Seperti halnya es krim Jepang dengan rasa yang menarik karena adanya campuran susu, minuman India pun rata – rata memiliki banyak pilihan rasa. Tak jarang anda akan menemukan minuman dengan rasa yang unik seperti asam, manis, atau sangat tawar bahkan ada rasa asin dan pedas ! 

Nah, berikut menu minuman India yang bisa anda coba kami rangkum dari berbagai sumber. 
Sharbat 

Memasuki musim kemarau, cuaca di Indonesia akan semakin panas seperti halnya di India. Kalau anda ingin yang manis dan dingin, ada sharbat, minuman sirup dari sari bunga herbal ataupun buah stroberi atau delima. Anda bisa mencoba rasa yang umum seperti jeruk, mangga, atau nanas. Nah, kalau anda ingin mencoba rasa yang tidak biasa, ada sharbat rasa air mawar (rosewater), kembang sepatu (hibiscus), atau cendana (sandalwood). “ Give me a sun, I care not how hot, and sherbet, I care not how cool, and my Heaven is as easily made as your Persian’s.” – Lord Byron 
Lassi 
Kalau anda ingin mencoba minuman berbahan dasar yoghurt, cobalah lassi. Anda bisa memilih lassi yang asin atau yang super manis. Lassi yang asin atau gurih adalah campuran dari yoghurt, air, dan rempah - rempah. Sementara Lassi yang manis biasanya dicampurkan madu, gula, susu dan / atau pasta buah. Kalau penasaran dengan keduanya, coba saja anda pesan keduanya. Menu lassi favorit paling disukai turis asing adalah lassi mangga. Kalau mau mencoba yang tradisional, coba pesan lassi tradisional. 
Chai Masala 

Untuk anda yang ingin mencoba perpaduan wedang jahe dan teh susu dengan sentuhan rempah India, harus coba chai masala. Chai masala adalah teh susu berbasis teh hitam, dicampur dengan rempah - rempah berupa kapulaga (cordamom), kayu manis, cengkeh, jahe, dan merica. Tapi meskipun namanya agak mengandung kata chai, chai masala berbeda dengan chai tea latte yang ada di gerai - gerai kopi terkenal di Indonesia. Chai masala menawarkan rasa rempah yang lebih kuat. 

Jal - Jeera 

Apakah anda ingin mencoba minuman dengan sensasi tidak biasa dan mengejutkan saat liburan ke India ? Bisa mencoba jal - jeera. Secara harafiah, nama minuman ini berarti air jinten. Tapi bahannya bukan hanya air dan rempah jinten. Ada juga tambahan air lemon, jahe, lada, mint, garam, dan cabai. Sewaktu minum, anda akan menemukan bola - bola kecil dari tepung kacang arab atau gram flour mengambang pada permukaan jal - jeera. Rasanya enak. Jangan bayangkan seperti bola tapioka bubble drink, jal - jeera bukanlah minuman biasa. Kalau tertantang ingin mencoba, minum minuman India ini sebelum makan siang, untuk membangkitkan indera pengecap anda agar bisa menikmati santap makan siang dengan menu berat. Siapkan juga minuman cadangan kalau anda tidak tahan meminumnya selama makan. 

Tertarik mencicipi minuman dan makanan India tetapi enggan melakukan sebuah perjalanan liburan jarak jauh ? Anda bisa ikutan Jakarta Food Adventure di Jakarta. 

Baca Juga : Kelompok Sosial

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon