Rabu, 05 Desember 2018

Pengertian, Fungsi, dan Jenis ‘Hipotesis’

Pengertian, Fungsi, dan Jenis ‘Hipotesis’ - Kata hipotesis berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘hypo’ artinya dibagian bawah dan ‘thesis’ artinya pendirian atau pendapat yang diikuti bersama – sama, dan sebuah kepastian. 


Pengertian hipotesis adalah sebuah sebutan dari keilmuan yang diterapkan ke dalam bentuk aktivitas untuk wajib mengikuti kaidah – kaidah dalam melakukan pola fikir yang sederhana dengan cara – cara yang bersifat sadar, cermat, dan terarah. 

Hipotesis di dalam pengaplikasian sehari – hari diberi istilah tambahan yaitu disebut dengan istilah hipotesa dimana definisi yang diberikan adalah sama. 

Pengertian hipotesis secara lengkap adalah sebuah tanggapan sementara terhadap beberapa kesimpulan yang ditarik dari permasalahan yang sedang diteliti. Bersifat sementara karena tanggapan – tanggapan yang diberikan pada saat ini / terbaru berdasarkan atas aturan – aturan dan belum memanfaatkan bukti – bukti yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Maka dari itu, masing – masing penelitian yang sedang dilakukan rata – rata memiliki suatu hipotesis atau sebuah tanggapan yang bersifat sementara dari sebuah penelitian yang akan dilakukan. 

Mengenal Fungsi – Fungsi Hipotesis 
  1. Sebagai media untuk menguji kebenaran bukti – bukti teori. 
  2. Sebagai media untuk mendorong munculnya teori. 
  3. Sebagai media untuk menerangkan kejadian – kejadian sosial. 
  4. Sebagai media / prinsip guna memfokuskan penelitian. 
  5. Media menciptakan kerangka guna menyusun sebuah kesimpulan. 
Mengenal Jenis – Jenis Hipotesis 

1. Hipotesis Nol / H0 

Yang dimaksud dengan hipotesis nol / H0 adalah hipotesis yang akan menjelaskan tentang tidak adanya hubungan diantara ‘variabel independen’ (X) dan ‘variabel dependen’ (Y) dimana arti keseluruhan adalah terhubung dengan kesimpulan yaitu adanya ketidakbenaran variabel (X) yang memberi pengaruh (Y). Contohnya tak terdapat sebuah hubungan antara warna baju dengan tingkat kecerdasan dari masing – masing mahasiswa / wi. 

2. Hipotesis Kerja / H1 

Yang dimaksud dengan hipotesis kerja / H1 adalah salah satu jenis hipotesis yang berfungsi menjelaskan adanya sebuah hubungan diantara ‘variabel independen’ (X) dan ‘variabel dependen’ (Y) yang sedang diteliti. Pada akhirnya nanti, perolehan perhitungan H1 akan dimanfaatkan sebagai dasar / landasan untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi penelitian.

Baca Juga :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon