Selasa, 30 Oktober 2018

Pengertian Dan Manfaat Berdzikir

Pengertian Dan Manfaat Berdzikir - Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian dan manfaat dari Berdzikir. 

Menurut konteks bahasa, yang dimaksud dengan Dzikir atau berdzikir adalah sebuah cara atau media yang bertujuan untuk menyebut dan mengingat nama Allah dalam ajaran agama Islam. Juga semua hal dan bentuk serta kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dinamakan dengan Dzikir. 


Contohnya adalah melakukan shalat atau lebih mengkhusus adalah pikiran yang terfokus untuk mengingat Allah secara lisan atau hanya di dalam hati saja. Seperti tertulis dalam dalil – dalil berdzikir / QS. Al Ahzab : 41 dan QS. Al Baqarah : 152. ‘Siapa yang suka bersenang – senang di taman – taman sorga maka wajib memperbanyak Dzikir’ – (HR. Thabrani). 

Baca Juga :

Nah untuk memudahkan anda dalam mengingat Dzikir maka para ulama mempermudah cara dengan memberikan masing – masing sebutan untuk Dzikir yang bermanfaat dalam kondisi – kondisi tertentu sebagai berikut : 
  1. Basmalah artinya ucapkan rasa syukur ketika anda hendak memulai sesuatu. 
  2. Hamdalah / Tahmid artinya diucapkan setiap anda akan mengakhiri sesuatu. 
  3. Istiqfar artinya diucapkan saat anda melihat dan mendengar sesuatu yang tak diinginkan atau memohon ampun. 
  4. Hauqalah artinya diucapkan saat anda dalam kondisi marah / membenci. 
  5. Al-Masyiah artinya pengucapan jika anda ingin mengerjakan sesuatu yang besar. 
  6. Tahlil / Syahadah adalah ucapan saat anda memiliki atau memasukkan orang yang non Muslim ke dalam agama Islam / bacaan wajib dilakukan untuk orang Muslim dalam melakukan shalat. 
  7. Tasbih artinya pengucapan saat anda melihat atau mendengar kekuasaan Allah. 

Nah pemberi terhadap nama – nama dalam Dzikir pada umumnya diberikan kepada orang – orang yang pertama kali memperoleh Dzikir atau mereka yang sedang menyusun Dzikir – Dzikir dalam sebuah susunan standar contohnya adalah Hijib Nawawi Dzikir karya Syeikh Nawawi Al-Bantany. 

Faidah Dalam Melakukan Dzikir 

Masing – masing Dzikir yang sedang dibaca oleh seseorang memiliki manfaat luarbiasa besar baik itu di dunia dan akhirat. Di dunia, Dzikir bisa difungsikan sebagai bahan untuk renungan dan menenangkan jiwa dimana aplikasinya adalah taqwa. Khususnya di akhirat akan memperoleh pahala besar dan bisa masuk sorga. 

Menurut beberapa ahli kebathinan / ahli Hikmah, orang yang suka berdzikir dengan fokus pikiran dan khusyuk serta menggunakan ritual – ritual tertentu maka Dzikir akan memiliki pengaruh besar pada jiwa dan raganya sehingga seseorang tersebut jasadnya menjadi kuat atau dapat pahala dan kehidupannya melambung ke atas. 

Semoga bermanfaat !

Baca Juga :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon