Selasa, 23 April 2019

Pengertian Dan Definisi Sosiologi

Pengertian Dan Definisi Sosiologi - Secara etimologis, kata sosiologi berasal dari bahasa Latin, yaitu ‘Socius’ yang artinya kawan, dan ‘Logos’ yang berarti ilmu pengetahuan. 


Berdasarkan dua kata tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang membahas mengenai kehidupan manusia sebagai mahkluk sosial. Mudahnya, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat. 

Umumnya, sosiologi merupakan ilmu mengenai masyarakat dan relasinya dengan lingkungan atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan sosial masyarakat. 

Sosiologi juga dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi berlaku dalam ruang lingkup perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok. 

Memahami pengertian tentang ilmu sosiologi lebih mendalam, beberapa para ahli mengungkapkan berbagai macam definisi mengenai ilmu sosiologi yang akan dijabarkan dibawah ini : 

1. Pitirim Sorokin

Pengertian Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara gejala sosial (ekonomi, keluarga, moral) dan gejala non sosial serta ciri-ciri umum gejala-gejala sosial tersebut. 

2. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia dalam suatu kelompok. 

3. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi mempelajari interaksi sosial antar manusia yang menghasilkan suatu organisasi sosial. 

4. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu yang membahas struktur-struktur serta proses-proses yang sifatnya stabil di dalam lingkungan masyarakat. 

5. Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. 

6. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur, proses, serta perubahan sosial di dalam masyarakat. 

7. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang kehidupan dalam kelompok serta produk yang digunakan pada kelompok kehidupan tersebut. 

8. Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang berfokus pada kemasyarakatan secara umum serta berusaha untuk mendapatkan pola-pola kehidupan umum yang terjadi di dalam masyarakat. 

9. William Kornblum

Sosiologi merupakan suatu upaya ilmiah yang digunakan dalam mempelajari masyarakat dan perilaku sosial serta membagi masyarakat tersebut ke dalam berbagai kelompok dan kondisi. 

10. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, berfokus pada hubungan timbal balik antara sistem sosial dengan masyarakat yang terlibat dengan sistem tersebut.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon