Kamis, 25 Juli 2019

Proses Awal Pembentukan APEC

Proses Awal Pembentukan APEC - Pengertian APEC (Asia-Pacific Economic Coooperation) adalah forum kerja sama ekonomi terbuka, informal, tidak mengikat dan tetap berada dalam koridor disiplin WTO (World Trade Organization) dan berbagai perjanjian internasional. 


APEC Terdiri dari 21 Negara di lingkar pacific, yang bertugas untuk menciptakan suatu lingkungan yang kondusif bagi anggota-anggotanya demi liberalisasi perdagangan dan investasi di kawasan tersebut. 

Awal terbentuknya APEC 

Terbentuknya APEC adalah di Australia dimana kerjasama ekonomi Asia Pasific yang diusulkan oleh Perdana Menteri (PM) Australia bernama Bob Hawke pada tahun 1989. 

Pada awal berdirinya APEC hanya beranggotakan 12 negara saja, yaitu 6 negara anggota ASEAN dan 6 mitranya seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Kanada, Selandia Baru dan Jepang. 

Namun pada tahun 1991 APEC menerima Hongkong, Taiwan, China masuk menjadi anggotanya dan hingga saat ini menjadi 21 negara yang tergabung dalam APEC. 

Awal pertemuan pertama organisasi APEC ini diadakan di Canberra, Australia pada tahun 1989. Lokasi kantor pusat berada di Singapura, APEC diakui sebagai forum tertua dan blok multilateral tingkat tertinggi di kawasan Asia-Pasifik, dan memberikan pengaruh global yang signifikan. Anggota yang tergabung dalam organisasi APEC saat ini yaitu sebagai berikut: 

Australia, Brunei Darussalam, Chile, Kanada, Indonesia, China, Hongkong, Malaysia, Jepang, Meksiko, Papua New Guinea, New Zealand, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Taipe, USA dan Vietnam. 

Latar Belakang Terbentuknya APEC 
  1. Mendirikan pasar baru untuk produk agrikultural dan bahan mentah di luar Eropa. 
  2. Munculnya kelompok-kelompok perdagangan seperti Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan Nort Amerika Free Trade Area (NAFTA) 
  3. Keinginan mewujudkan liberalisasi perdagangan dan investasi di kawasan Asia Pasifik 
Tujuan APEC bukanlah membentuk sebuah blok perdagangan, tapi memperkuat sistem perdagangan multilateral dan mengembangkan ekonomi global dengan investasi antara negara-negara anggota, mencangkup 21 negara yang secara agregat menguasai lebih dari 45% perdagangan dunia.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon