Minggu, 24 Maret 2019

Pengertian UPS

Pengertian UPS - UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supplies atau bisa juga dikenal dengan Uninterruptible Power Source. UPS merupakan perangkat elektronik yang dapat menyediakan cadangan listrik sementara apabila arus listrik utama terputus. 



Dengan menggunakan UPS, alat elektronik, terutama yang sensitif terhadap kestabilan arus listrik dan tegangan listrik, dapat lebih terlindungi apabila daya terputus mendadak. 

UPS memiliki 3 fungsi utama, yaitu sebagai alat untuk menstabilkan tegangan arus listrik, memberikan cadangan listrik sementara, dan sebagai alat bantu backup data. 

UPS terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu standby UPS, line-interactive UPS, on-line UPS, dan delta conversion online UPS. UPS standby atau UPS off-line merupakan jenis UPS yang paling banyak digunakan dalam rumah.

UPS standby bekerja dengan cara mengisi daya secara langsung dalam sumber listrik dan menyimpan daya tersebut ke dalam baterai penyimpan listrik cadangan. Listrik pada baterai cadangan tersebut akan digunakan pada saat listrik putus. 

Saat mendeteksi tegangan yang tidak stabil, UPS ini akan menyalakan sirkuit inverter DC-AC internal yang didukung dari baterai tersebut. 

UPS sistem line-interactive bekerja dengan cara mempertahankan jalur inverter dan mengalihkan arus DC baterai dari mode charging ke mode supplying saat daya dari sumber utama terputus. 

UPS ini memiliki autotransformer untuk mengubah mode UPS dari mode charging ke mode supplying dengan mendeteksi kestabilan tegangan listrik. 

UPS ini memiliki keunggulan yaitu reabilitas dan efisiensi tinggi dan penyesuaian voltase yang baik. Meskipun begitu, UPS ini tidak cocok untuk penggunaan diatas 5kVA. 

Jenis berikutnya adalah UPS sistem on-line. UPS ini bekerja dengan menggunakan metode “double conversion”. Metode tersebut bermaksud untuk mengubah arus listrik dari AC, melanjutkannya ke baterai internal, barulah mengubahnya kembali menjadi daya 120V/240V. 

Hal ini bertujuan untuk melindungi komputer. UPS double coversion on-line ini dapat menyesuaikan voltase dengan baik dan dapat dengan mudah disambungkan secara paralel. Sayangnya, UPS ini kurang efisien, relatif mahal, dan tidak dapat digunakan untuk daya dibawah 5kVA. 

Jenis terakhir adalah UPS delta conversion online, yaitu UPS “double conversion” yang diperbaharui dengan daya 5kVA hingga 1.6 MW. UPS ini memiliki penyesuaian voltase yang baik dan memiliki efisiensi yang tinggi, sehingga dapat memperpanjang daur hidup perangkat pada sistem yang besar. Namun, UPS jenis ini kurang cocok digunakan untuk penggunaan dibawah 5kVA.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon