Selasa, 05 Maret 2019

Pengertian dan Contoh E-Commerce Menurut Para Ahli

Pengertian dan Contoh E-Commerce - Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan contoh E-commerce. 

Apa sih E-commerce itu? Mari kita simak pembahasan berikut ini. 



A. Pengertian E-Commerce 

Pengertian E-commerce  adalah kegiatan jual-beli suatu barang atau sebuah transmisi data/dana melalui sebuah jaringan elektronik. Dapat disimpulkan bahwa E-commerce merupakan sebuah kegiatan jual-beli melalui media virtual dengan bantuan koneksi internet sebagai media untuk berkomunikasi. 

E-Commerce merupakan salah satu terobosan dari dunia perdagangan karena lebih simple. Barang yang ingin dicari bisa didapatkan dengan mudah dan memiliki harga variatif yang mudah dilist dan dipilih. Selain itu juga didukung dengan pembayaran virtual sebagai kemudahan, E-commerce dapat dikatakan sudah menjawab tantangan dari bisnis online modern. 

Hanya saja, membeli suatu barang baik itu barang elektronik, aksesoris atau apapun itu, akan terasa seperti ‘membeli kucing dalam karung’ karena kita tidak bisa melihat langsung melainkan hanya melihat foto barang yang bisa jadi fake atau kondisi/penampakan barang sesungguhnya tidak 100% sesuai dengan foto. Belum lagi jika kita bertransaksi dengan akun palsu dan hendak menipu kita sebagai pembeli. Akan tetapi E-commerce seperti Bukalapak,Tokopedia dan Shopee dan E-commerce lainnya menerapkan fitur yang menjamin 100% uang kembali sehingga pembeli tidak perlu takut kehilangan uangnya. 

B. Jenis-Jenis E-Commerce 

Berdasarkan jenisnya, E-commerce terbagi menjadi beberapa macam, yakni : 

1. Bussines-to-Bussines 

Pada mode ini setiap transaksi jasa, barang dan elektronik dilakukan antar perusahaan. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah Bizzy. 

2. Bussines-to-Consumer 

Jika sebelumnya transaksi dilakukan antar perusahaan, maka pada mode ini transaksi dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah Berrybenka. 

3. Consumer-to-Consumer 

Transaksi dilakukan antar konsumen. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah Elevenia 

4. Consumer-to-Bussines 

Biasanya transaksi yang diberikan berupa layanan jasa seperti desain logo dan sejenisnya. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah iStcok 

5. Bussines-to-Administration 

Transaksi dilakukan online antara perusahaan dengan administrasi publik. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah BPJS Online. 

6. Consumer-to-Administration 

Transaksi yang dilakukan oleh konsumen kepada administrasi publik. Contoh dari jenis E-commerce ini adalah Jamsostek. 

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pengertian dan contoh e-commerce. 

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon